Parade Militer Iran Diserang Militan Menewaskan 8 Tentara

Parade Militer Iran Diserang Militan Menewaskan 8 Tentara

Evakuasi korban serangan Militan saat berlangsung parade militer iran. (foto - Associated Press)

Teheran - Sedikitnya  delapan  tentara  Iran  tewas  diserang  kelompok militan ketika berlangsung parade militer di Iran. Dalam serangan tersebut, sekitar 20 orang lainnya mengalami luka-luka.
 
"Delapan hingga sembilan tentara mati syahid, dan lebih dari 20 orang terluka. Mereka yang terluka saat ini dalam kondisi kritis," sebut Wakil Gubernur Provinsi Khuzestan, Hossein Hosseinzadeh Hosseinzadeh kepada kantor berita Iran, ISNA.
 
Seperti dilansir AFP, Sabtu (22/9/2018) sejumlah pria bersenjata tersebut pada awalnya melepas tembakan ke kerumunan penonton parade. Namun kemudian coba menyerang area berdiri bagi para pejabat resmi, sebelum ditembak pasukan keamanan. 

Serangan tersebut terjadi di Kota Ahvaz Provinsi Khuzestan, wilayah yang berbatasan dengan Irak. Wilayah ini memiliki komunitas etnis Arab yang besar, dan merupakan salah satu medan tempur utama selama konflik antara Iran dan Irak tahun 1980 - 1988.
 
Serangan tersebut terjadi saat parade militer yang digelar, untuk menandai peringatan dimulainya perang dengan Irak. Parade militer itu sendiri digelar di banyak kota di Iran.

Berdasarkan laporan media pemerintah Iran mengatakan, para militan dianggap berada di balik serangan itu. Penembakan itu berlangsung selama sekitar 10 menit, namun pasukan keamanan telah berhasil mengendalikan situasi. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,