Puting Beliung Hantam 5 Rumah dan Papan Reklame di Sukabumi

Puting Beliung Hantam 5 Rumah dan Papan Reklame di Sukabumi

Puting beliung hantam lima rumah dan papan reklame di Sukabumi. (foto - ant)

Sukabumi - Sedikitnya enam rumah rusak dihantam angin puting beliung di Desa Cimanggu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (22/9). Sedangkan dua rumah rusak akibat tertimpa pohon.
 
"Dari hasil verifikasi yang kami lakukan dan laporan dari pihak Desa Cimanggu, ada enam rumah yang dipastikan rusak akibat bencana itu. Dua di antaranya akibat tertimpa pohon besar," kata Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman di Sukabumi, Minggu (23/9/2018).
 
Menurutnya, awalnya ada puluhan rumah terdampak puting beliung. Namun setelah dievaluasi dan verifikasi hanya enam rumah yang rusak. Adapun rinciannya sebanyak empat unit rusak ringan, dan masing-masing satu unit rusak sedang dan berat.
 
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun sebanyak 15 jiwa dari enam kepala keluarga terdampak bencana itu. Untuk warga yang rumahnya rusak berat sudah dievakuasi serta diungsikan untuk sementara ke rumah keluarganya.
 
Namun demikian, pihak BPBD masih melakukan pendataan. Sebab, khawatir masih ada rumah yang rusak tapi tidak terdata karena dampak bencana puting beliung itu cukup luas. Bahkan untuk di Desa Cikembar, papan reklame milik Polsek Cikembar tumbang.
 
"Dari hasil perhitungan sementara kerugian akibat bencana alam itu mencapai Rp 50 juta, mayoritas kerusakan rumah pada bagian atapnya. Sementara untuk pohon yang menimpa rumah sudah dievakuasi," katanya, seperti dilansir Antara.
 
Eka mengimbau, kepada warga di peralihan musim atau pancaroba dari kemarau ke penghujan potensi terjadinya bencana cukup tinggi baik puting beliung, banjir hingga longsor. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,