Gempa Berskala 5,6 SR Guncang Wilayah Bitung Sulawesi Utara

Gempa Berskala 5,6 SR Guncang Wilayah Bitung Sulawesi Utara

Gempa Berskala 5,6 SR Guncang Wilayah Bitung Sulawesi Utara. (BMKG)

Jakarta - Wilayah Bitung Sulawesi Utara (Sulut) diguncang gempa berkekuatan 5,6 pada skala Richter (SR), Sabtu sekitar pukul 11.34 WIB.
 
Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa tersebut tepatnya terjadi pada pukul 11:34:16 WIB.
Pusat berada di laut pada koordinat itu 1.36 lintang utara (LU) dan 125.46 bujur timur (BT), atau 38 kilometer tenggara Bitung, dengan kedalaman 97 kilometer.
 
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya memastikan, gempa tersebut  tidak berpotensi tsunami. "Gempa tidak berpotensi tsunami," katanya.
 
Menurut Sutopo, gempa dirasakan selama lima detik oleh Warga Bitung, namun tidak menimbulkan kepanikan di tengah warga. Sejauh ini belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan dampak gempa.
 
Sementara itu, Kepala Kepala Seksi Data dan Informasi Sta. Geof. Kelas I Winangun-Manado, Edward Henry Mengko mengatakan, gempa dirasakan hingga Manado dan Minahasa Utara Sulawesi Utara. Namun, masyarakat Manado tidak perlu merasa khawatir atau cemas, meski harus tetap waspada. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,