Kolam Retensi Cieunteung Belum Jadi Baleendah Terendam

Kolam Retensi Cieunteung Belum Jadi Baleendah Terendam

Genangan air di pom bensin Andir Baleendah Kabupaten Bandung. (foto - @dicky_sukmahadi)

Bandung - Kolam  retensi   Cieunteung  di Kecamatan  Baleendah  Kabupaten  Bandung   masih  dalam  tahap  pengerjaan fisik, sehingga manfaatnya belum berfungsi untuk mengurangi dampak banjir. Akibatnya, wilayah Andir dan Baleendah kembali tergenang.
 
"Kolam retensi Cieunteung belum bisa difungsikan karena masih belum selesai seluruhnya. Pengerjaannya baru sekitar 86 persen, nanti kalau selesai baru pompanisasi berjalan," kata Bupati Bandung Dadang M Naser, Selasa (13/11/2018).
 
Oleh karena itu, keberadaan kolam retensi belum berdampak, sehingga tiga wilayah yang berada di sekitar cekungan Bandung antara lain Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang masih terendam banjir.
 
Warga yang berada di tiga kecamatan tersebut dimohon untuk bersabar, karena pihak BBWS juga tengah mengejar pembangunan yang harus rampung akhir Desember. "Mohon bersabar bagi warga yang tinggal di sekitar Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang," katanya.
 
Menurut Bupati, sejauh ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kabupaten Bandung melalui para relawan bencana dan Tagana, terus melakukan antisipasi dan sosialisasi.
 
Selain itu, BPBD dan Dinsos juga tengah fokus dalam penanganan para korban bencana di wilayah Kabupaten Bandung. "Untuk penetapan status bencana Jabar sudah siaga satu, Kabupaten Bandung belum. Kami masih persiapan penanganan para korban pengungsi yang harus dievakuasi," tegas Dadang.
 
Pemkab Bandung juga menyiapkan penanganan kesehatan para pengungsi agar tidak sakit-sakitan saat berada di posko pengungsian. Iai menginstruksikan, Dinas Kesehatan untuk koordinasi dengan puskesmas dan rumah sakit terdekat untuk mengantisipasi kesehatan pengungsi. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,