Garuda awali Penerbangan di Bandara Kertajati 18 Desember

Garuda awali Penerbangan di Bandara Kertajati 18 Desember

Garuda Indonesia akan mengawali penerbangan di Bandara Kertajati mulai 18 Desember 2018. (foto - dok)

Bandung - Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia mulai melayani rute penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mulai 18 Desember 2018. Hal itu diklaim sebagai kemajuan, BIJB Kertajati semakin diminati oleh maskapai.
 
Rute layanan penerbangan Garuda Indonesia, yakni Kertajati - Tanjung Karang - Palembang. Kemudian rute Kertajati - Balikpapan - Tarakan yang beroperasi pada 21 Desember 2018. Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa optimis, kehadiran Garuda Indonesia bisa menjaring lebih banyak lagi perusahaan lain.
 
Dengan demikian, rute penerbangan pun bisa lebih bervariasi. "Dua rute baru Garuda Indonesia itu sejalan dengan komitmen pengembangan, sekaligus mendukung komitmen pemerintah dalam memperluas akses konektivitas penerbangan nasional khususnya melalui Bandara Internasional Kertajati," katanya, Selasa (11/12/2018).
 
Menurut Iwa, tambahan layanan penerbangan memberikan pilihan beragam sekaligus makin mempermudah akses masyarakat di Bandung, Cirebon, Sumedang dan sekitarnya. Selain itu, ia berharap hal itu secara langsung memberikan efek percepatan peluang kawasan ekonomi baru di wilayah Jabar bagian timur dan sekitarnya.
 
Seperti diketahui, rute baru Bandara Kertajati terus bertambah. Mereka sudah melayani penerbangan menuju Lampung dengan menggunakan Maskapai Transnusa. Sebelum itu, sejak Juni 2018, Bandara Kertajati juga sudah melayani penerbangan domestik tujuan Surabaya dengan maskapai Citilink.
 
Citilink pun menerbangkan rute Kertajati - Medan dengan frekuensi tiga kali sepekan dengan menggunakan pesawat A320 berkapasitas 180 tempat duduk. Sedangkan layanan penerbangan internasional sudah ditandai dengan penerbangan secara langsung Kertajati - Madinah oleh Maskapai Lion Air pada 13 Oktober 2018.
 
Penerbangan itu untuk mengangkut jamaah umrah dengan pesawat tipe Boeing 737 Max 8 dilakukan satu pekan sekali. Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti menyebutkan, ada beberapa rute penerbangan lokal dan internasional yang dibidik untuk dilayani Bandara Kertajati.
 
Untuk lokal, adalah Denpasar, Yogyakarta dan Makassar, sedangkan internasional yaitu Singapura, Malaysia, Cina dan Jepang. Peningkatan aktivitas Bandara Kertajati akan berdampak pada peningkatan pendapatan Jabar melalui sektor pariwisata.
 
Sementara itu, Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra optimistis, tren maskapai yang beroperasi di Bandara Kertajati yang bertambah akan berdampak baik pada kinerja perusahaan dan masyarakat.
 
"Kami memiliki keyakinan, dengan hadirnya Maskapai Garuda Indonesia bisa membawa manfaat langsung, karena hal itu akan memperkuat konektivitas," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,