Bandung Zoo Tanam Bambu Langka di Hari Gunung Sedunia

Bandung Zoo Tanam Bambu Langka di Hari Gunung Sedunia

Bandung Zoo bekerja sama dengan Akademi Citarum menanam dua jenis bambu endemik. (foto - Instagram)

Bandung - Memperingati  Hari  Gunung  Sedunia,  Bandung  Zoo  bekerja  sama  dengan  Akademi  Citarum menanam dua jenis bambu endemik. Dengan penanaman di areal Bandung Zoo, menambah koleksi dalam penanaman bambu langka tersebut.
 
"Dari 162 spesies bambu tersebut, 60 di antaranya ada di Indonesia, dan 32 spesies endemik dari Jawa Barat. Ada dua bambu endemik langka yang ditanam di Bandung Zoo," kata penggagas Citarum Akademi, Mastok Seyanto di Bandung Zoo Jalan Tamansari Bandung, Selasa (11/12/2018).

Menurutnya, kedua jenis bambu endemik langka tersebut yakni bambu betung dan mayan. ke depannya, secara bertahap akan terus dilakukan penanaman bambu endemik di Bandung Zoo.

Penanaman bambu secara masif akan menghasilkan oksigen lebih banyak dibanding tanaman lain, sekaligus menambah ruang dalam penyimpanan air tanah.

"Untuk satu hektar atau sekitar 600 pohon bambu bisa menyerap 30 - 35 ton karbondioksida, dan bisa menghasilkan oksigen lebih banyak 30 persen dari tanaman lain. Bambu juga mampu menyerap air hujan dengan baik," katanya.

Mastok menyatakan, Bandung Zoo merupakan tempat yang ideal untuk penanaman bambu endemik tersebut. Terlebih terdapat beberapa spesies hewan maupun tanaman, yang menjadikan bambu sebagai kebutuhan maupun habitatnya.

"Ini baru bisa dimanfaatkan setelah tiga tahun, sehingga akan terus dirawat dan dipantau. Melalui adik-adik pergurun tinggi kita upayakan sebagai triggernya," tegasnya.

Sementara itu, HRD Bandung Zoo Rohman Suryaman mengatakan, sebelumnya terdapat 12 spesies bambu akademik di kebun binatang tersebut. Dengan adanya tambahan dua spesies lagi, maka akan menambah koleksi bambu endemik.

"Ini memang cita-cita dari pendiri Kebun Binatang Bandung, untuk dijadikan sebagai wisata edukasi binatang dan tanaman. Termasuk juga untuk bambu endemik yang semakin banyak jenisnya," katanya.

Sejauh in, pihaknya akan mempersiapkan petugas dalam merawat dan menjaga tanaman bambu tersebut. Dengan demikian, pengunjung Bandung Zoo tidak hanya melihat atau bersapa dengan binatang, tapi juga tanaman.

"Untuk sarana dan prasarana tidak ada persoalan, diharapkan tanaman bambu tersebut akan menambah warna di Bandung Zoo," tutupnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,