Longsor timbun Puluhan Rumah Warga di Cisolok Sukabumi

Longsor timbun Puluhan Rumah Warga di Cisolok Sukabumi

Longsor timbun puluhan rumah di Kampung Cimapag Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, Senin 31 Desember 2018 sore. (foto - sutopo_pn)

Sukabumi - Longsor  kembali  terjadi  di  akhir  tahun  2018  yang  menimbun  puluhan rumah di  Kampung  Cimapag Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, Senin (31/12/2018) petang sekitar pukul 17.30 WIB.
 
Lewat akun twitter Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), @Sutopo_PN menyebutkan, saat longsor terjadi cuaca hujan. Pihak BPBD dan aparat langsung menuju lokasi longsor untuk melakukan evakuasi korban dan penanganan darurat.
 
"Longsor terjang dan timbun puluhan rumah di Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi pada Senin sore. Cuaca hujan. BPBD dan aparat menuju lokasi longsor untuk melakukan evakuasi korban dan penanganan darurat," sebut Sutopo.
 
Berdasarkan informasi, akses komunikasi menuju lokasi yang dikenal dengan kampung adat itu pun terputus. "Kami mendapat informasi adanya bencana tanah longsor di Kampung Cimapag,Desa Sirnaresmi," kata Kasubag Humas Pemkab Sukabumi Herdy Somantri.
 
"Info sore tadi ada 20 rumah, namun hingga malam ini dikabarkan ada 34 rumah yang tertimbun," katanya. Menurut Herdy, Bupati Sukabumi Marwan Hamami sudah mendapat informasi dan berencana untuk mendatangi lokasi. "Seluruh unsur Sarda, BPBD saat ini dalam perjalanan menuju lokasi," katanya.
 
Sementara itu, Kasi Kedaruratan sekaligus Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar ‎‎Budi Budiman Wahyu pun membenarkan kejadian tersebut. "Betul, sedang dilakukan assesment oleh BPBD Kabupaten Sukabumi," katanya.
 
Namun demikian,  Budi belum bisa memastikan lebih lanjut karena pihaknya masih melakukan pendataan. "Sejauh ini jumlah dampak dan korban baik rumah maupun korban jiwa dari kejadian tersebut belum bisa dipastikan," tambahnya.
 
Ia mengungkapkan, saat ini BPBD Jabar masih terus melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Sukabumi agar bisa mendapatkan informasi lebih rinci soal longsor. "Info saat ini adanya rumah tertimbun di kawasan tersebut, namun perlu tindakan assessment," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,