Longsor Kembali Menerjang Kawasan Sekitar Danau Toba

Longsor Kembali Menerjang Kawasan Sekitar Danau Toba

Longsor timbun jembatan penghubung Kota Pematang Siantar dan objek wisata Parapat. (foto - ist)

Parapat - Longsor kembali menerjang kawasan Danau Toba Sumatera Utara, yang membuat jembatan penghubung Kota Pematang Siantar dan objek wisata Parapat tertimpa material longsoran, Kamis (3/1/2019).

Jembatan yang lebih dikenal dengan sebutan Jembatan Kembar yang pernah longsor menjelang akhir tahun 2018 itu, mengalami nasib yang sama akibat longsoran tanah dari perbukitan di seberang Danau Toba.

Kepala Polsek Parapat AKP Bambang Priyatno menyatakan, Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang menghubungkan antara Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Toba Samosir ikut terputus dan tidak bisa dilalui kendaraan.

Menurutnya, kendaraan yang datang dari arah Toba Samosir dialihkan ke jalur alternatif, yakni dari Siborong Borong menuju Dolok Sanggul. Alternatif kedua, kendaraan dari Porsea melewati Pulo Raja di Kabupaten Asahan, dan tidak melintasi Parapat Danau Toba.

Sementara itu, kendaraan yang datang dari arah Kota Pematang Siantar menuju ke Toba Samosir dialihkan melewati Simpang Palang. Kendaraan keluar di kecamatan Girsang yang hanya berlaku satu arah karena kondisi jalan yang sempit.

Hingga petang hari, sejumlah personel kepolisian masih terus berjaga-jaga dan mengatur arus lalu lintas agar tidak terjebak dengan kemacetan lebih panjang, akibat terjadinya longsor di Jembatan Kembar Parapat Sumut. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,