Walikota Gdansk Meninggal Ditikam di Acara Galang Dana

Walikota Gdansk Meninggal Ditikam di Acara Galang Dana

Ribuan warga berbelasungkawa atas kematian Walikota Gdanks. (foto - Associated Press)

Gdansk - Walikota  Gdansk  Pawel  Adamowicz dinyatakan meninggal dunia, setelah sebelumnya sempat dalam kondisi kritis. Adamowicz meninggal setelah ditusuk di bagian perutnya pada acara penggalangan dana.
 
Seperti dilansir CNN, Selasa (15/1/2019) Adamowicz meninggal di rumah sakit setempat pada hari Senin 14 Januari waktu setempat. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit karena luka tusuk dan menjalani operasi selama lima jam.
 
Demikian Menteri Kesehatan Polandia Lukasz Szumowski yang mengonfirmasi kabar duka itu. Begitu juga postingan pada akun Instagram adamowiczpawel, yang sebagian besar warganet menyampaikan ucapan duka cita. "Kami tidak bisa mengatasinya," kata Szumowski.
 
Sebelumnya, serangan itu terjadi saat acara amal penggalangan dana "Lights to Heaven" yang diorganisir oleh Great Orchestra of Christmas Charity, sebuah organisasi amal paling penting di Polandia, pada Minggu 13 Januari waktu setempat.
 
Dilaporkan TVN, pelaku tiba-tiba naik ke atas panggung yang penuh dengan orang-orang, termasuk Adamowicz. Setelah menusuk walikota berulang kali di bagian perut, pria itu berteriak dan mengaku dirinya pernah dipenjara semasa pemerintahan sebelumnya yang dipimpin Civic Platform.
 
Padahal, dirinya tidak bersalah. Civic Platform adalah partai yang dulunya menaungi Adamowicz.  Pelaku langsung ditangkap di lokasi kejadian usai penusukan.
 
Sejauh ini, pihak kepolisian belum merilis mengenai identitas lengkap pria tersebut. Namun demikian disebutkan, pria berumur 27 tahun itu punya catatan kejahatan dan telah melakukan sejumlah perampokan bank.(Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,