Kurir Ganja Divonis Hukuman Seumur Hidup di PN Bandung

Kurir Ganja Divonis Hukuman Seumur Hidup di PN Bandung

Sidang vonis terdakwa kasus kepemilikan ganja Andi Hamzah di PN Bandung. (foto - ist)

Bandung - Terdakwa kasus kepemilikan ganja, Andi hamzah diganjar hukuman seumur hidup oleh majelis hakim yang diketuai oleh Lukman Hadi. Terdakwa dinyatakan bersalah karena telah kedapatan membawa 585 kilogram ganja.
 
Selain Andi, Ace Setiawan alias Cece juga divonis bersalah dengan hukuman 20 tahun penjara karena kedapatan membawa ganja 50 kg. Demikian terungkap dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Kamis (31/1/2019).
 
Keduanya divonis bersalah melanggar Pasal 114 (2) Undang Undang RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Vonis Andi Hamzah lebih ringan dari tuntutan jaksa Eviyanto yang menuntut hukuman mati. Adanya keringanan hukuman juga didapatkan oleh Cece, yang sebelumnya dituntut seumur hidup.
 
Dalam putusannya majelis hakim menyatakan, Andi Hamzah dan Cece terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana permufakatan jahat, menerima dan atau menyerahkan narkotika golongan 1.
 
Dalam uraiannya disebutkan, perbuatan terdakwa dilakukan november 2018 lalu. Saat itu Adi Hamzah mendapat kiriman 585 kg ganja dari Aceh. Lalu 50 kg diberikan ke Cece. Namun sebelum sampai ditempat tujuan, keduanya berhasil ditangkap aparat BNN di Kabupaten Bogor.
 
Diakui Cece, awalnya ditawari oleh Andi Hamzah untuk mengambil barang di Kabupaten Bogor. Ia dijanjikan bila berhasil membawa 50 kg ganja akan mendapatkan imbalan 10 juta. Namun sebelum sampai ke tempat yang dituju terdakwa keburu ditangkap aparat BNN.
 
Setelah membacakan putusan, hakim menanyakan kepada terdakwa dan penasihat hakim, apakah menerima atau tidak. Atas putusan itu terdakwa melalui kuasa hukumnya Solehman mengaku pikir pikir. Begitu juga jaksa penuntut umum. (Jr.)**
.

Tags:,