Tahun 2015, di Jabar 8 Pilkada Digelar

Tahun 2015, di Jabar 8 Pilkada Digelar

Ketua KPU JABAR Yayat Hidayat

Bandung–Tahun 2015 mendatang, ada sedikitnya delapan Kota/Kabupaten di Jawa Barat akan menggelar Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah), yaitu, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang, Kota Depok, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Bandung.

Menurut keterangan Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat, KPU Jawa Barat sudah mempersiapkan berbagai kelengkapan terkait beberapa pelaksanaa Pilkada di Jawa Barat.

“Sejauh ini kita sedang mempersiapkan berbagai kebutuhan yang biasa dilakukan saat ada Pemilihan Kepala Daerah. KPU Jabar juga sudah berkoordinasi dengan KPU Kota/Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada tahun 2015 mendatang,” terang Yayat Hidayat, Jumat (12/09/2014).

Yayat menambahkan, masalah anggaran Pilkada, semua dana akan diambil dari APBD Jawa Barat, namun katanya dana APBN juga akan digunakan untuk membiayai Pilkada. “Kalau yang sudah-sudah, biasanya dana diambil dari dana APBD Jabar, namun katanya, nanti dari APBN pun akan dialokasikan untuk Pilkada. Kita juga sekarang masih menunggu RUU Pilkada yang disahkan DPR RI,” tambahnya.

Meskipun diberbagai kalangan masyarakat, termasuk Bupati, Wali Kota, dan Gubernur mengkhendaki akan adanya pemilihan Kepala Daerah secara langsung, namun DPRD tetap menginginkan Pilkada hanya dilakukan oleh DPRD dengan alasan penghematan anggaran APBD karena pesta demokrasi ini menghabiskan biaya hingga puluhan milyar rupiah sekali ada pencoblosan Pilkada.(Ode)** .

Categories:Nasional,
Tags:,