Emil, 'Banjir Baleendah Cari Solusi Jangan Saling Salahkan'

Emil, 'Banjir Baleendah Cari Solusi Jangan Saling Salahkan'

Gubernur Jabar Ridwan Kamil tinjau lokasi banjir Baleendah. (foto - Humas)

Bandung - Gubernur  Jabar  Ridwan  Kamil  mengajak  warga  untuk  tidak  saling  menyalahkan  menanggapi banjir yang menerjang Kabupaten Bandung. Ia sampaikan itu saat mengunjungi lokasi banjir di Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah kabupaten Bandung, Selasa (26/2/2019).
 
Emil mengatakan, saat ini lebih baik mencari solusi jangka pendek dan jangka panjang soal banjir di wilayah Kabupaten Bandung. Pihaknya pun sudah menyiapkan pompa air untuk menarik air banjir di pemukiman warga agar cepat surut.
 
"Mengenai jangka pendeknya, posisi sungai sudah agak turun airnya, tapi air ini tidak bisa hilang karena elevasinya tidak bisa diselesaikan secara gravitasi. Sungai Citarum lebih tinggi dari pemukiman jadi air kembali," katanya.
 
Ia memberikan waktu kepada warga selama satu minggu, untuk menyampaikan konsep kajian penyelesaian masalah banjir di wilayah tersebut. "Sok mangga  saya tunggu satu minggu konsep penyelesaian banjir dari warga seperti apa," katanya.
 
Sebelumnya, untuk menanggulangi banjir di wilayah iu pihaknya pun sudah membangun danau retensi di Kampung Cieunteung. Selama ini Cieunteung dikeluhkan tidak melahirkan solusi, padahal keberadaan Cieunteung tetap berpengaruh di tempat lain.
 
"Memang danau retensi Cieunteung sebagian bermanfaat tapi belum kepada yang lainnya. Tahun ini ada ada empat lokasi lagi yang sedang kami bangun, yaitu danau retensi untuk parkir air," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,