Gempa Skala 4,7 SR Guncang Kabupaten Pangandaran

Gempa Skala 4,7 SR Guncang Kabupaten Pangandaran

Gempa Berskala 4,7 SR Guncang Wilayah Kabupaten Pangandaran. (BMKG)

Bandung - Wilayah Kabupaten Pangandaran Jawa Barat diguncang gempa berkekuatan 4,7 pada skala Richter (SR), Kamis (21/3/2019) malam sekitar pukul 22.03 WIB.
 
Berdasarkan keterangan lewat akun Twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa Kamis malam tersebut tepatnya terjadi pada pukul 22:03:07 WIB.
 
Pusat gempa berada di laut sekitar 72 kilometer dari Kabupaten Pangandaran, dengan kedalaman  sekitar 60 kilometer. Gempa dirasakan antara lain di Kabupaten Pangandaran Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis dan Cilacap.
 
Menurut Plt Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Drs. Yusuf Supriyadi dalam keterangannya menyatakan, ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, tampak gempa tersebut merupakan gempa dangkal.
 
Gempa diakibatkan aktivitas Zona Subduksi (Megathrust) di selatan Pulau Jawa. Di mana Lempeng Indo-Australia menyelusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia. Menurut  tingkat guncangan (shakemap) dan laporan dari masyarakat, gempa dirasakan di wilayah Tasikmalaya dengan skala intensitas II-III MMI.
 
Gempa juga terasa di Kabupaten Ciamis dengan skala intensitas II-III MMI. Di Pangandaran gempa  terasa dengan skala intensitas II-III MMI, sedangkan di Cilacap dengan skala intensitas II MMI.
 
Sejauh ini, belum ada laporan mengenai kerusakan dampak dari gempa tersebut. Hingga pukul 22.20 WIB tidak ada tanda-tanda gempa susulan (aftershock). Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan mengikuti informasi dari BMKG. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,