Mencuat dukungan PM New Zealand raih Nobel Perdamaian

Mencuat dukungan PM New Zealand raih Nobel Perdamaian

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern. (foto - Getty Images)

Wellington - Dua  petisi   online  yang   mendorong  terpilihnya  Perdana  Menteri  Selandia  Baru  Jacinda  Ardern  menjadi nominasi Nobel Perdamaian ditandatangani oleh ribuan orang.

Dilansir laman nzherald.co.nz, Sabtu (23/3/2019) Petisi Change.org misalnya, situs itu telah dimulai empat hari lalu dan telah memiliki lebih dari 3.000 tanda tangan baik dari warga Selandia Baru dan seluruh dunia. Sementara petisi di situs web Prancis AVAAZ.org memiliki lebih dari 1.000 tanda tangan.

Banyak orang yang mengusulkan, Perdana Menteri Jacinda Ardern sebagai nominasi setelah peristiwa tragis penembakan di dua masjid yang ada di Christchurch Selandia Baru.

"Menyusul peristiwa tragis di Christchurch Selandia Baru dan respons yang memadai, terbuka dan damai dari Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, kami ingin mengusulkan dia sebagai penerima Hadiah Nobel Perdamaian mendatang," demikian tulis situs Perancis itu.

Ardern dipuji oleh masyarakat dunia berkat cara dia memimpin negara melalui peristiwa yang belum pernah menimpa negara itu. Sebagai pengakuan atas karyanya, Burj Khalifa di Dubai pun diterangi dengan gambar Ardern, yang menggunakan jilbab sambil memeluk seorang wanita muslim.

Sebuah postingan Twitter dari Sheikh Mohammed pun mengucapkan terima kasih, khususnya terhadap empati dan dukungan tulusnya atas solidaritasnya pada para korban. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,