Bubarkan Balapan Liar di GT Soroja, Polisi Amankan 8 Motor

Bubarkan Balapan Liar di GT Soroja, Polisi Amankan 8 Motor

Petugas bubarkan sejumlah remaja balapan liar di Gerbang Tol Soroja Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung. (foto - ist)

Bandung - Delapan  sepeda   motor  diamankan  jajaran  Polsek   Margaasih  dan  Polres  Cimahi   dalam  aksi  penertiban balapan liar di Gerbang Tol (GT) Soroja wilayah Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung, Jumat (10/5/2019).
 
Berdasarkan keterangan Kasat Sabhara Polres Cimahi AKP Oeng Choeruman, patroli yang dilakukan anggota kepolisian itu berawal dari banyaknya laporan dari warga serta viralnya video balapan liar di kawasan itu.
 
Menindaklanjuti laporan tersebut, pihaknya menurunkan satu regu Sabhara untuk membantu Polsek Margaasih dalam menertibkan aksi balapan liar. "Meski masuk wilayah Kabupaten Bandung, wilayah hukumnya masuk ke Polres Cimahi. Kita gerak cepat melakukan penertiban," katanya.
 
Menurutnya, ketika tiba di lokasi petugas menemukan sejumlah remaja dan sepeda motor yang terparkir di badan jalan penghubung Margaasih - Tol Soroja wilayah Kecamatan margaasing Kabupaten Bandung.
 
"Kita langsung tertibkan mereka dan cek kelengkapan surat kendaraannya. Sedikitnya ada 8 unit motor yang diamankan ke Polsek Margaasih, kita cek surat kendaraannya, sisanya langsung diperintahkan untuk membubarkan diri," tegas Oeng.
 
Selama penertiban, pihaknya tidak menemukan adanya indikasi penggunaan minuman keras (Miras) atau benda berbahaya lainnya, antara lain  senjata tajam.
 
"Memang hanya di waktu tertentu ada balapan liar tersebut. Mau magrib dan setelah sahur sampai pagi. Tidak ditemukan adanya uang yang digunakan untuk taruhan juga. Kemungkinan mereka murni hanya balapan," katanya.
 
Oeng menjelaskan, balapan liar di jalan penghubung tersebut memang merupakan kali pertama di kawasan tersebut pada Ramadhan 1440 H. Pasalnya, proyek pembangunan itu baru benar-benar rampung tahun ini.
 
"Sebelumnya, tidak ada baru tahun ini. Kondisi jalannya masih baru jadi dianggap sangat mengakomodir hasrat balapan liar anak-anak muda. Meski beralasan itu hobi, tetap saja mengganggu ketertiban dan membahayakan nyawa mereka," tambahnya.
 
Mengenai kawasan lainnya yang juga rawan dijadikan sebagai arena balapan Oeng menjelaskan, di area helipad Kota Baru Parahyangan Padalarang Kabupaten Bandung Barat memang berpotensi dijadikan arena balapan liar.
 
"Dulu petugas rutin melakukan penertiban di kawasan Kota Baru, tapi untuk Ramadhan sekarang ini belum ada. Antisipasi untuk ke depan kita akan melakukan patroli malam bersama anggota polsek," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,