SPBU di Kabupaten Indramayu Disegel Direktorat Metrologi

SPBU di Kabupaten Indramayu Disegel Direktorat Metrologi

Penyegelan SPBU di Jalan Soekarno Hatta Kabupaten Indramayu. (foto - ant)

 
Indramayu - Direktorat Metrologi bersama Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) serta Kementerian Perdagangan dibantu Polda Jabar menyegel SPBU yang melakukan kecurangan.
 
Yakni di SPBU No 34-452-32 yang berada di Jalan Soekarno Hatta Kabupaten Indramayu. SPBU tersebut diduga melakukan kecurangan saat dilakukan pengawasan menjelang hari raya Idul Fitri pada 15-23 Mei 2019 lalu.
 
Direktur Jenderal PKTN Veri Anggriono mengatakan, lokasi itu diduga melakukan tindak pidana di bidang metrologi legal. Petugas juga akan menyegel pompa ukur bahan bakar minyak (BBM) di SPBU itu, karena ditemukan alat tambahan untuk mengubah ukuran.
 
"Di salah satu pompa ditemukan alat tambahan yang berfungsi untuk mengubah ukuran. Kita lihat sendiri seperti tidak ada alat tambahan tapi sebenarnya ada alat tambahan," kata Veri, Kamis (20/6/2019).
 
Selain di Kabupaten Indramayu, pihaknya juga menemukan beberapa SPBU 'nakal' lainnya di wilayah Pantura dan akan segera ditindak. "Kami menemukan tiga SPBU di Kabupaten Subang, Indramayu dan Kabupaten Bekasi yang diduga melakukan tindak pidana di bidang metrologi legal," katanya.
 
Berdasarkan hasil pengawasan, sebelumnya telah ditemukan adanya alat tambahan pada pompa ukur BBM berupa rangkaian elektronik. Setelah dilakukan pengujian, hasilnya berada di dalam batas kesalahan yang diizinkan (BKD), yaitu sekitar 0,5 persen. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,