Amsor, Tersangka Kecelakaan di Tol Cipali Dirawat di Bandung

Amsor, Tersangka Kecelakaan di Tol Cipali Dirawat di Bandung

Saat terjadi kecelakaan 4 kendaraan yang menewaskan 12 orang di Tol Cipali. (foto - ist)

Bandung - Amsor (29), tersangka pada kecelakaan maut di Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) pada Senin 17 Juni lalu dipindahkan dari RSUD Majalengka ke RS Polri Sartika Asih Bandung. Hal itu dilakukan karena tersangka terindikasi memiliki gangguan kejiwaan tertentu, yang mengarah kepada gangguan neurotik, psikotik dan paranoid.
 
Kapolres Majalengka AKBP Mariyono mengatakan, pemeriksaan di RS Sartika Asih akan dilakukan selama 2 minggu. Setelah itu pihak kepolisian akan melakukan gelar perkara dan berkoordinasi dengan instansi terkait terutama kejaksaan.
 
Namun, pihaknya masih menunggu hasil laporan dari dokter kejiwaan sebelum membuat perkara yang akan disidangkan. "Tersangka dipindahkan dua hari lalu, namun karena di Majalengka kurang tim observasi dokter jiwa, akan dilaksanakan observasi kejiwaan di Bandung," kata AKBP Maryono, Rabu (26/6/2019).
 
Seperti diketahui, dalam diagnosa awal dari psikiater, Amsor memiliki rasa paranoid, ketegangan, kecemasan (tension anxiety) yang tinggi. Ia pun memiliki gangguan persepsi atau halusinasi. seperti merasa diawasi dan diikuti oleh seseorang.
 
Dalam kecelakaan itu, Amsor mengaku dirinya merasa seolah supir bus hendak melakukan rencana pembunuhan terhadap dirinya. Sehingga ia seketika berupaya memberhentikan bus yang sedang berjalan.
 
"Seolah merasa sopir bus saat menerima panggilan telepon dari orang lain seakan akan membicarakan rencana pembunuhan atas dirinya. Sehingga ia tiba tiba berupaya memberhentikan bus dengan menduduki posisi pengemudi untuk berusaha mengerem bus," kata Mariyono.
 
Akibatnya, bus hilang kendali dan menghantam dua kendaraan jenis minibus dan hampir menabrak sebuah truk. Sedikitnya 12 orang meninggal dunia dalam kejadian tersebut.
 
"Bus hilang kendali menabrak Innova yang berlawanan arah dan menabrak Mitsubishi Expander hingga menewaskan 6 orang. Sementara korban tewas lainnya dari mobil Innova tiga orang dan di bus tiga orang," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,