6 Bangkai Paus Nyaris Punah ditemukan di Perairan Kanada

6 Bangkai Paus Nyaris Punah ditemukan di Perairan Kanada

Enam bangkai paus terancam punah ditemukan di Teluk Saint Lawrence Kanada. (foto - Canadian Press)

Ottawa - Sedikitnya  enam  bangkai  paus  yang  terancam  punah  diketemukan  di  Teluk  Saint  Lawrence  Kanada  dalam kurun Juni ini. Dilaporkan, salah satu paus mati setelah ditabrak kapal.

Dilansir AFP, Jumat (28/6/2019) paus yang ditemukan mati tersebut diketahui berjenis North Atlantic right whale, atau dikenal sebagai paus sikat Atlantik Utara yang saat ini terancam punah. Bangkai paus itu terdeteksi mengapung di kanal dan dilacak dengan alat pelacak satelit.
 
Otoritas Perikanan dan Kelautan Kanada menyatakan, pada kamis 27 Juni sebuah pesawat menemukan bangkai paus lainnya yang hanyut di perairan semenanjung, tak jauh dari Teluk Saint Lawrence. 
 
Dua bangkai paus itu di antaranya ditarik hingga ke pantai terdekat untuk menjalani nekropsi. Diketahui, salah satu paus yang mati merupakan paus betina berusia 40 tahun yang diberi nama 'Punctuation' dan sudah dikenal oleh para pakar biologi kelautan.
 
Diduga, paus itu mengalami tabrakan dengan sebuah kapal. Otoritas Transportasi Kanada pun langsung memperluas batas kecepatan untuk kapal menjadi 10 knot di kawasan Teluk, dan menutupi zona seluas 16 ribu kilometer persegi untuk penangkapan ikan komersial.

Otoritas setempat menyatakan, sejauh ini belum menemukan penyebab kematian paus kedua, yang diidentifikasi sebagai paus jantan berusia 9 tahun dan bernama Wolverine. Otopsi juga akan dilakukan untuk beberapa bangkai paus lainnya. 

Dengan adanya temuan enam bangkai paus ditambah tujuh kelahiran anak paus, maka sepanjang bulan ini populasi paus sikat Atlantik Utara secara keseluruhan diperkirakan hanya mencapai sekitar 412 paus.

Pemerintah Kanada telah meningkatkan langkah untuk melacak paus di perairannya, setelah lebih dari satu lusin paus mati sepanjang tahun 2017. Mereka menggunakan pengintaian udara dan laut serta pemantauan akustik laut. Tidak ada laporan kematian paus tahun 2018 lalu.

Pengawasan itu secara khusus dilakukan terhadap jenis paus sikat Atlantik Utara, yang merupakan salah satu spesies paling terancam di dunia. Diketahui, sekitar sepertiga paus sikat Atlantik Utara dari total populasi global, mendatangi perairan Kanada untuk mencari makan setiap musim panas.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, jumlahnya terus bertambah dan jangkauan paus-paus tersebut di perairan Kanada semakin meluas. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,