Gempa 7,0 SR Ternate terkait Aktivitas Punggungan Mayu

Gempa 7,0 SR Ternate terkait Aktivitas Punggungan Mayu

Gempa 7,0 SR Ternate terkait Aktivitas Punggungan Mayu. (BMKG)

Jakarta - Gempa berkekuatan 7,0 SR yang mengguncang wilayah Ternate Maluku Utara, berkaitan dengan aktivitas subduksi di Punggungan Mayu. Gempa itu juga diduga dipicu batuan yang mudah longsor.

"Berdasarkan lokasi dan kedalaman pusat gempa, diperkirakan gempa tersebut berasosiasi dengan aktivitas subduksi di Punggungan Mayu," kata demikian laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam keterangannya, Senin (8/7/2019).
 
PVMBG menyatakan, lokasi di titik pusat gempa didominasi oleh batuan gunung api. Batuan tersebut bersifat lepas dan bisa memperkuat guncangan gempa saat terjadi longsoran.

"Lokasi dominan tersusun oleh batuan gunung api berumur Tersier hingga Kaurter. Batuan itu yang bersifat lepas dan mudah longsor umumnya akan memperkuat efek guncangan gempa, sehingga guncangan gempa akan lebih terasa," sebut PVMBG.

PVMBG juga mengimbau masyarakat tetap mengikuti informasi dan arahan BPBD, dan mewaspadai gempa susulan. Masyarakat juga diminta tak terpancing isu dari pihak tidak bertanggung jawab.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah dan BPPD setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan," katanya.
 
Sementara itu, sedikitnya 8 gempa susulan terjadi setelah gempa 7,0 di Ternate Maluku Utara. BMKG terus memonitor perkembangan gempa dan tinggi muka air.

"Dari hasil monitoring BMKG selama satu jam, telah terjadi 8 kali gempa bumi susulan yang tercatat dengan magnitudo 3,5 sampai magnitudo 4,9," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono.
 
BMKG terus memonitor perkembangan gempa bumi susulan dan tinggi muka air laut yang terdapat di 6 stasiun pasang surut ( Bitung, Tobelo, Ternate, Taliabu, Jailolo dan Xanana). Gempa berpusat di laut 133 kilometer Barat Daya Ternate, Maluku Utara. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,