Fly Over Kopo - Leuwipanjang Mulai Dibangun Tahun Depan

Fly Over Kopo - Leuwipanjang Mulai Dibangun Tahun Depan

Jalan layang Kopo - Leuwipanjang siap dibangun mulai tahun depan. (foto - ilustrasi)

Bandung - Pembangun  proyek  tol  dalam  kota  Bandung  Intra  Urban  Toll  Road  (BIUTR)  mulai  menemukan titik temu. Pembangunan fly over (jalan layang) Kopo - Leuwipanjang pun siap dikerjakan pada tahun depan.
 
Berdasarkan keterangan Kepala Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Jawa Barat Indra Cahya, pembangunan BIUTR tersebut dapat rampung pada tahun 2021.
 
"Untuk pembangunan fly over Leuwipanjang bisa dikerjakan mulai tahun depan, dan sudah diusulkan anggarannya tahun 2020. Mudah-mudahan bisa selesai pada tahun 2021," katanya, Kamis (25/7/2019).
 
Menurutnya, saat ini pembebasan lahan sudah mencapai 95 persen. Ia berharap, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bisa membebaskan lahannya 100 persen awal tahun depan. "Sedikit lagi, harapannya Pemprov bisa menuntaskan, dan awal tahun depan sudah 100 persen," tegasnya.
 
Dengan panjang 1,3 kilometer lanjut Indra, anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan tersebut mencapai Rp 360 miliar. "Selama 2 tahun itu tuntas, dan bisa dioperasikan. Panjangnya kurang lebih 1,3 km, lajurnya ada empat lajur dan 2 arah," lanjutnya.
 
Ia menuturkan, nantinya fly over akan melewati dua simpang yakni Simpang Sukarno Hatta - Kopo dan Simpang Sukarno Hatta - Cibaduyut. "Itu khusus untuk konstruksi, kalau pembebasan lahannya merupakan tugas Pemprov Jabar," katanya.
 
Dalam proses pembebasan lahan, ada beberapa tanah yang memang sedang dikaji olen Badan Pertanahan Nasional (BPN). Namun demikian, sebagian tanah lainnya merupakan tanah milik penduduk.
 
"Memang ada beberapa merupakan tanah milik warga, ada beberapa juga sedang dikaji di BPN, karena itu kemungkinan tanah negara". (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,