57 Orang Tewas, Kerusuhan Pecah di Penjara Brasil

57 Orang Tewas, Kerusuhan Pecah di Penjara Brasil

Suasana di luar Pusat Pemulihan Regional Altamira, Para Brasil sesaat terjadi kerusuhan di penjara tersebut. (foto - Associated Press)

Brasilia - Sedikitnya 57 orang tewas akibat kerusuhan yang terjadi di Pusat Pemulihan Regional Altamira, Para Brasil, Senin sekitar pukul 07.00 waktu setempat. Sebanyak 16 orang di antaranya mati, dalam keadaan kepala terpenggal.

Dalam kerusuhan tersebut dua petugas penjara sempat dijadikan sandera. "Kebanyakan korban tewas berasal karena sesak napas akibat asap," demikian pernyataan resmi pemerintah Para.
 
Dilansir AFP, Selasa (30/7/2019) stasiun televisi di Brasil menayangkan asap hitam yang berasal dari penjara tersebut. Orang-orang terlihat duduk di atas atap penjara. Polisi tidak menemukan adanya senjata api dalam kerusuhan tersebut.
 
 
Namun demikian, petugas menemukan pisau yang dijadikan senjata pada kerusuhan tersebut. Penjara tersebut seharusnya hanya menampung 200 orang. Namun pada kenyataannya terdapat 311 tahanan yang berada di dalam penjara itu.

Untuk itu, pemerintah Brasil akan segera memindahkan para tahanan di penjara tersebut ke penjara federal yang dinilai lebih aman. 
 
Sebelumnya, kerusuhan juga terjadi pada September 2018, yang mengakibatkan 7 orang tewas.  Hingga Mei tahun ini, sudah puluhan tahanan tewas di beberapa penjara di Brasil. Kerusuhan diduga akibat perselisihan gang obat-obat terlarang yang ada di penjara. (Jr.)**

 

.

Categories:Internasional,
Tags:,