Truk Terguling di Gunungkidul Puluhan Penumpang Terlempar

Truk Terguling di Gunungkidul Puluhan Penumpang Terlempar

Polisi periksa truk yang terguling di tanjakan Mendak Desa Sumbergiri Kecamatan Ponjong Gunungkidul. (foto - Polsek Ponjong)

Yogyakarta - Truk membawa puluhan penumpang terguling di tanjakan Mendak Desa Sumbergiri Kecamatan Ponjong Gunungkidul, Jumat (9/8/2019). Akibatnya, puluhan penumpang terlempar ke jalanan. Polisi masih mendalami kasus itu dan melakukan pendataan identitas korban.
 
Kepala Unit Lalu Lintas Polsek Ponjong Iptu Edy Ganefiono mengatakan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 07.45 WIB. Berawal saat truk dengan nomor polisi AB 9148 ED yang dikemudikan Parsi (55), warga Mendak Desa Sumbergiri Kecamatan Ponjong, melaju dari arah Pasar Ponjong menuju Kenteng.
 
Menurutnya, kondisi medan dengan tanjakan cukup panjang dan tinggi membuat truk kewalahan untuk melewati. Pengemudi sudah berusaha melakukan manuver dengan mengurangi gigi kendaraan. "Diduga sopir terlambat oper gigi, truk lalu berjalan mundur," kata Edy.
 
Ia mengatakan, sopir membanting stir ke arah kiri dan membenturkan truk ke bukit. Namun, upaya penyelamatan diri itu tampaknya tidak berhasil, karena truk justru terguling. Puluhan penumpang di dalam truk terlempar dari bak truk.
 
Akibatnya, banyak penumpang terluka. "Jumlah korban belum bisa kami pastikan. Namun truk itu memuat 27 orang penumpang," tegas Edy. Kepolisian masih terus melakukan pendataan terhadap para korban.
 
Sementara itu, Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polres Gunungkidul Iptu Soni Yuniawan mengatakan, menurut data sementara, ada 16 orang dirawat di Rumah Sakit Panti Rahayu Karangmojo. "Kami masih melakukan olah TKP," kata Soni. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,