Mantan PM Thailand Itu resmi menjadi warga negara Serbia

Mantan PM Thailand Itu resmi menjadi warga negara Serbia

Mantan perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra. (foto - Associated Press)

Beograd - Yingluck  Shinawatra,  eks  perdana  Menteri  Thailand  resmi  mendapatkan  kewarganegaraan  Serbia,  setelah lari dari persidangan dan mengasingkan diri sejak dua tahun lalu. Serbia mengumumkan status kewarganegaraan baru Yingluck lewat situs resmi pemerintah.
 
Seperti dilaporkan The New York Times, Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengatakan dia lebih suka memberikan kewarganegaraan kepada orang asing yang terpilih, yang mengisyaratkan Yingluck telah menjadi warga negara Serbia. Namun, ia menolak untuk memberi penjelasan detail mengenai hal itu.
 
"Saya tidak melihat ada masalah dengan itu, terutama apabila ika Serbia memiliki manfaat dai sisi perekonomian atau manfaat lainnya dari pemberian paspor," sebut Aleksandar, Minggu (11/8/2019).
 
Yingluck terpilih sebagai perdana menteri Thailand pada 2011. Wanita berusia 52 tahun itu sebagai pemimpin yang dicintai rakyat kecil. Tiga tahun menjabat, Yingluck dipaksa keluar dari kantornya dan diadili dengan tuduhan salah mengelola dana subsidi beras.
 
Disebutkan, kesalahan Yingluck telah merugikan negara sebesar 8 miliar dolar AS. Meski demikian, para pendukungnya menyebutkan ada motif politik di balik kasus hukum, yang dituduhkan kepada Yingluck.
 
Pada tahun 2017, tak lama sebelum Mahkamah Agung Thailand menjatuhkan hukuman lima tahun penjara padanya, Yingluck pun menghilang. Diketahui, ia meminta perlindungan ke Inggris dan menerima visa selama 10 tahun. Mengisi kekosongan posisi perdana menteri, militer Thailand langsung mengambil-alih kekuasaan.
 
Tahun lalu, pemerintah Thailand mengajukan ekstradisi dari Inggris untuk memulangkan Yingluck, untuk meneruskan proses hukum di Thailand. Meski kedua negara memiliki perjanjian ekstradisi, permintaan Thailand saat itu ditolak.
 
Langkah yang diambil Yingluck sendiri untuk pindah kewarganegaraan ke Eropa, serupa dengan apa yang dilakukan kakaknya, Thaksin Shinawatra. Thaksin yang juga mantan perdana menteri Thailand digulingkan dalam kudeta militer pada 2006 lalu. Thaksin Ia lalu meminta perlindungan di Inggris untuk menghindari persidangan.
 
Thaksin dijatuhi tuduhan korupsi. Ia dikabarkan meninggalkan aset senilai 2 miliar dolar AS, yang saat ini dibekukan oleh sejumlah jenderal. Ia pun kemudian dikabarkan menerima kewarganegaraan dari Montenegro, Eropa pada 2010 lalu.
 
Diketahui, lima tahun pasca ditangkapnya Yingluck, parlemen Thailand yang didominasi militer akhirnya mengangkat Jenderal Prayuth Chan-ocha, sebagai perdana menteri pada bulan Juni. (Jr.)** 
.

Categories:Internasional,
Tags:,