Angin Kencang Sapu Tempat Wisata di Bogor

Angin Kencang Sapu Tempat Wisata di Bogor

ilustrasi

Bogor - Beberapa tempat wisata di seputaran Kota Bogor, Jawa Barat, memberikan peringatan dini tentang   bahaya angin kencang kepada para pengunjung. Data Stasiun Klimatologi Dramaga Bogor mencatat, sejak cuaca di wilayah Bogor mencapai suhu 29 derajat Celsius, dengan kelembaban udara 50 hingga 95 persen disertai  angin kencang, mendung dan berpotensi hujan.

Kepala Stasiun Klimatologi Dramaga, Dedi Sucahyono menjelaskan, rata-rata angin kencang pada 2 pekan ke depan masih di atas 20 km per jam (normal 5-10 km/jam). "Minggu angin di wilayah Bogor mencapai 30 km per jam atau termasuk ekstrem," kata Dedi, Minggu (30/11).

Menurutnya, hal itu disebabkan awan hujan saat ini sedang berhembus ke arah tenggara dan bertemu udara hangat bertekanan rendah, sehingga menyebabkan angin bertiup dengan sangat kencang. Hal itu juga yang menyebabkan potensi puncak musim penghujan pada Desember-Januari 2015 untuk wilayah Jabodetabek.

Peringatan juga diberlakukan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor (KRB). Kepala KRB Didik Widyamoko mengakui, cuaca angin kencang dan hujan membuat seluruh petugas operasional bersiaga.

"KRB tetap buka seperti biasanya, tapi semua petugas saya minta agar siaga. Kami juga mengimbau agar para pengunjung KRB tidak berlindung saat angin kencang atau hujan," katanya.

Demikian juga dengan tempat wisata Taman Safari. Menurut Humas Taman Safari Yulius H Suprihardo, pihaknya telah memberikan peringatan dini kepada pengunjung yang tengah berwisata di Taman Safari. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,