E-Blusukan Ajang Dialog Jokowi - TKI Lewat Internet

E-Blusukan Ajang Dialog Jokowi - TKI Lewat Internet

Jokowi Ketika Mencoba Perangkat Canggih Untuk Sistem e-Blusukan. (Foto: Net)

Jakarta  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggunakan mobil golf khusus orang paling penting (very very important person/VVIP) tepat pukul 15.00 WIB kurang semenit  sampai di Binagraha, Kompleks Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Minggu (30/11/2014) sore.

Di ruang situasi (situation room) itu Presiden Jokowi telah dinanti para staf utamanya, antara lain Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago, Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly dan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid.

Selain itu, para relawan Jokowi-M. Jusuf Kalla (JK), diantaranya politisi PDIP Eva Kusuma Sundari dan Koordinator Relawan Media Sosial Jokowi Sony Subrata juga hadir.

"Ini merupakan e-Blusukan ke lima kita Pak Presiden," kata Sony saat membuka acara sore itu. e-Blusukan adalah istilah untuk kegemaran Jokowi langsung berdialog dengan publik (blusukan), dan dikembangkan pula memanfaatkan piranti elektronik (e-) berinternet.

Sore itu, Presiden Jokowi mengadakan konferensi jarak jauh dengan perwakilan TKI di berbagai negara. Dirinya didampingi sejumlah menteri dan Kepala BNP2TKI. 

Sedangkan, perwakilan TKI yang berpartisipasi berasal dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Taiwan, Korea Selatan, Mesir, Arab Saudi dan Hongkong.

Dengan menggunakan Internet, Presiden Jokowi dan jajaranya mendengarkan keluh kesah para TKI yang berada di mancanegara.

e-Blusukan, menurut Eva Kusuma Sundari, dirancang sejak sebulan lalu. Dirinya waktu itu diminta untuk mencari jaringan TKI di berbagai negara tersebut. Sebagai politisi yang terlibat selama beberapa tahun terkait masalah TKI, maka hal itu tidaklah menjadi masalah.

"Jaringan yang memang saya kenal sejak dulu," katanya.(Ode)**

.

Categories:Nasional,