KM Izhar Terbakar di Perairan Konawe Sultra 7 Orang Tewas

KM Izhar Terbakar di Perairan Konawe Sultra 7 Orang Tewas

Kebakaran KM Izhar di perairan Pulau Bokori Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe Sultra. (foto - ist)

Kendari - Kapal  Motor  (KM)  Izhar  yang  mengangkut  sekitar 72 penumpang  dari  Kendari  terbakar  dalam pelayaran  di perairan Pulau Bokori Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra). Tujuh orang tewas dalam kejadian itu, Sabtu (17/8/2019) dinihari.
 
Berdasarkan laporan sementara, sebanyak 61 penumpang kapal selamat dalam kecelakaan tersebut. Semetara empat orang lagi dinyatakan hilang, dan masih dicari oleh tim SAR gabungan. "Tim gabungan melakukan pencarian terhadap korban yang belum ditemukan," kata Kapolsek Bungku Selatan AKP Budi Prasetyo.
 
KM Izhar berangkat dari Kendari menuju Pelabuhan Salabangka Sulteng, pada Jumat 16 Agustus malam sekitar pukul 21.00 Wita. Kapal itu dilaporkan mengangkut sekitar 72 penumpang. Saat melintasi perairan Pulau Bokori sekitar pukul 23.45 Wita, di bagian belakang KM Izhar muncul kepulan asap. 
 
Tak lama kemudian api mulai terlihat dan membesar melumat sebagian badan kapal. Para penumpang pun langsung menyelamatkan diri, dengan melompat ke laut kemudian berenang menuju daratan.
 
Melihat kejadian itu, warga sekitar Desa Tapulaga Pulau Bokori Kecamatan Soropia berusaha untuk membantu mengevakuasi penumpang kapal dengan menggunakan perahu. Aparat kepolisian bersama Basarnas Kota Kendari tiba di lokasi, dan mengambil-alih evakuasi penumpang ke daratan.
 
Menurut Budi Prasetya, sejauh ini polisi belum bisa memastikan penyebab kebakaran kapal penumpang itu karena masih diselidiki. "Penyebab terjadinya kebakaran KM Izhar sementara masih dalam lidik," katanya. (Jr.)**
 
 
 
Evakuasi barang dan penumpang KM Izhar yang terbakar di perairan Pulau Bokori Kabupaten Konawe Sulteng.
.

Categories:Nasional,
Tags:,