Areal Hutan di Bukit Pandanan Lombok Utara NTB Terbakar

Areal Hutan di Bukit Pandanan Lombok Utara NTB Terbakar

Kebakaran lahan hutan di Bukit Pandanan Nipah Lombok Utara NTB. (foto - ist)

Lombok Utara - Lahan  hutan  bukit  Pandanan  Nipah  yang  berada di Desa Malaka Lombok Utara Nusa Tenggara Barat (NTB) terbakar. Tim pemadam kebakaran dari Kabupaten Lombok Utara masih berjibaku untuk memadamkan kobaran api.
 
Satgas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Polres Lombok Utara sudah menangani kebakaran tersebut sejak sore tadi. Namun demikian, kobaran api kembali menyala hingga pukul 23.30 Wita.
 
"Ya, masih ditangani sama tim Karhutla KLU. Sebenarnya menjelang sore tadi kebakaran sudah berhasil ditangani dan sudah padam," kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnama, Minggu (18/8/2019).
 
"namun, begitu masuk malam api kembali menyala dan faktor angin kencang juga menyebabkan api semakin membesar," katanya. Sejauh ini, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut.
 
Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana turut memantau lokasi kebakaran.  "Belum dapat dipastikan, kalau sumber api masih diselidiki," katanya.
 
Sementara itu, Pusdalops BPBD Lombok Utara Araruna menyatakan, puluhan hektar hutan dan lahan diperkirakan turut terbakar. Petugas masih berupaya untuk memadamkan tiga titik api yang masih menyala. Akses jalan menuju KLU pun terganggu akibat kebakaran itu.
 
Sebanyak 1 unit mobil damkar yang disuplai dengan 8 tangki dan 5 unit mobil water cannon dari Polda NTB, turut dikerahkan untuk membantu proses pemadaman.  Kebakaran berada di perbukitan serta angin yang cukup kencang menyulitkan petugas dalam pemadaman.
 
Akibat kebakaran yang berada dekat dengan kawasan wisata pantai tersebut, PLN Wilayah NTB memadamkan listrik, mulai dari Desa Malaka hingga ke kawasan Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,