Hutan Jati Seluas 1,5 Hektar di Trenggalek Hangus Terbakar

Hutan Jati Seluas 1,5 Hektar di Trenggalek Hangus Terbakar

Hutan Jati Seluas 1,5 Hektar di Trenggalek Hangus Terbakar. (foto - ist)

Trenggalek - Hutan jati seluas 1,5 hektar di lereng Gunung Kebo Trenggalek Jawa Timur terbakar, Sabtu (31/8/2019) . Diduga, kebakaran akibat aktivitas warga yang membakar sampah daun yang mengering.
 
Api yang terus merembet hingga puncak gunung itu, terpantau jelas dari wilayah Kota Trenggalek yang berjarak kurang dari 3 kilometer. Belum ada laporan korban jiwa maupun dampak kerugian yang ditimbulkan. Namun, titik api sudah cukup dekat dengan permukiman warga.
 
"Saat ini kami sedang berupaya melakukan pemadaman dengan cara manual," kata Mujilan, staf Perhutani KPH Kediri Selatan. Informasi dari Babinsa Desa Sambirejo Serka M Toyib, asap mulai terpantau muncul sekitar pukul 13.00 WIB.
 
Pada awalnya dikira aktivitas warga membakar sampah. Namun selang dua jam, api membesar dan merembet semakin luas. Luas area yang terbakar hingga pukul 16.30 WIB telah mencapai sekitar 1,5 hektar.
 
Hembusan angin di sekitar lereng gunung serta material daun dan rumput yang mengering, menyebabkan kobaran api semakin cepat merembet hingga area puncak menuju perbatasan Kecamatan Pogalan di Desa Ngadirenggo.
 
Sejauh ini, sejumlah petugas Perhutani dibantu babinsa masih terus berupaya melakukan pemadaman api dengan menggunakan daun basah/hijau. Sayang upaya mereka tak mendapat cukup dukungan dari warga sekitar.
 
Bukannya membantu memadamkan api, sejumlah warga hanya menonton dari kejauhan dan sebagian besar lainnya tak menghiraukannya. Menurut mereka, kebakaran sampah dan rumput di area hutan setempat sudah beberapa kali terjadi.
 
"Biasanya memang padam sendiri," kata warga sembari tetap menonton lereng gunung yang masih mengepulkan asap akibat kebakaran tersebut. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,