Bahama Porak-poranda Dihantam Badai Dorian, Lima Tewas

Bahama Porak-poranda Dihantam Badai Dorian, Lima Tewas

Tempat bersandar perahu di salah satu pulau di Bahama pora-poranda usai diterjang Badai Dorian. (foto - EPA/EFE)

Nassau - Sedikitnya  lima  orang  dilaporkan  tewas  setelah Badai Dorian menghantam  wilayah Bahama. Perdana Menteri (PM) Bahama Hubert Minnis menyatakan, Badai Dorian sebagai 'tragedi bersejarah' bagi negara kepulauan di kawasan Karibia itu. 

Dilansir AFP, Selasa (3/9/2019) Badai Dorian juga memicu evakuasi besar-besaran di sepanjang pantai timur Amerika Serikat (AS). Seperti diketahui, wilayah Bahama terletak tidak jauh dari kawasan pantai timur AS.

"Kepolisian Royal Bahama mengonfirmasi ada lima korban tewas di Abaco," sebut PM Minnis dalam konferensi pers, merujuk pada nama pulau di Bahama yang menjadi titik pertama yang diterjang badai Dorian, pada Minggu 1 September waktu setempat. 
 
 
 Banjir menerjang sejumlah wilayah setelah dihantam Badai Dorian di Bahama. (foto - Associated Press)
 

Badai Dorian menyentuh daratan di Abaco Bahama, sebagai badai Kategori 5 yang membawa angin kencang dengan kecepatan 290 kilometer per jam. "Tim akan pergi ke Abaco sesegera mungkin untuk melakukan penaksiran dan identifikasi secara menyeluruh dan layak," tegas PM Minnis.

Badai Dorian masih menerjang area Grand Bahama, gugusan kepulauan paling utara di wilayah Bahama, dan bergerak ke arah barat. Laporan prakiraan cuaca AS menyebutkan, badai itu masih akan menerjang daratan Bahama hingga Selasa 3 September malam waktu setempat.

Diketahui, situasi di Grand Bahama sendiri dilaporkan mengkhawatirkan, dengan kebanyakan warga setempat masih menunggu bantuan datang.
 
"Kami terendam air; kami ada di atas loteng. Bisakah seseorang membantu kami atau mengirimkan bantuan. Tolong. Saya bersama enam cucu saya dan anak laki-laki saya, kami semua ada di loteng," demikian bunyi pesan dari salah seorang warga setempat, Kendra Williams. (Jr.)**
 
 
Petugas gunakan helikopter evakuasi korban terjangan badai Dorian. (foto - @USEmbassyNassau)

 
 
 
.

Categories:Internasional,
Tags:,