Cisumdawu Diklaim Sebagai Tol Terindah Rampung Th 2020

Cisumdawu Diklaim Sebagai Tol Terindah Rampung Th 2020

Cisumdawu akan menjadi salah satu tol yang secara kontur dan visual terindah di Indonesia saat ini. (foto - ist)

Bandung - Untuk  melecut  petumbuhan  ekonomi  dan  menjadi  akses  penunjang  menuju  Bandara  Internasional  Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka, pemerintah terus menggenjot pengerjaan ruas Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu).

Berdasarkan keterangan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV, Hari Suko Setiono, dari enam seksi pembangunan Tol Cisumdawu, seksi 1, 2 dan 3 sudah hampir rampung dan diharapkan rampung pada September 2019. Sedangkan untuk seksi 4, 5 dan 6 akan dikebut pengerjaannya hingga ditargetkan selesai pada 2020.

"Kita tinggal kejar pengerjaanseksi 4,5,6 karena seksi itu mulai dari awal," kata Hari saat meninjau pembangunan Tol Cisumdawu, Kamis (5/9/2019).

Sejauh ini menurut Hari, kendala yang paling berat dalam pembangunan Tol Cisumdawu yakni persoalan pembebasan lahan. Sedangkan untuk persoalan teknis dinilai bisa ditangani dengan baik oleh tenaga ahli yang dimiliki Indonesia.

"Termasuk membangun terowongan ini saja yang pertama untuk jalan tol di Indonesia bisa kita kerjakan, dan Alhamdulillah sudah selesai dan sudah diuji serta bebannya juga aman semua," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit meyakini, jika ruas Tol Cisumdawu akan menjadi salah satu tol terindah yang ada di Indonesia. "Tol Cisumdawu mungkin akan menjadi salah satu tol yang secara kontur dan visual terindah di Indonesia. Itu dibuktikan dengan kemampuan para engineer kita untuk bekerja pada kondisi medan yang tidak mudah," katanya.

Di atas terowongan sambung Danang, pihaknya akan menambah hiasan berupa tumbuh-tumbuhan. Hal tersebut diharapkan nantinya bisa menambah indah landscape ruas Tol Cisumdawu.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit saat meninjau ruas Tol Cisumdawu.

 

Selain itu, terowongan di Tol Cisumdawu diklaim sebagai terowongan tol terpanjang di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Pembangunan Tol Cisumdawu pun dibangun di atas daerah yang tidak mudah untuk dilintasi. Oleh karena itu, jika Tol Cisumdawu rampung dengan baik, akan menjadi bukti jika para tenaga kerja Indonesia sudah hebat.

"Jalan tol ini juga memberikan bukti, engineer Indonesia (para insinyur kita) mampu bekerja dengan baik lewat pemanfaatan teknologi yang sangat baik. Bahwa ada beberapa masalah berkaitan dengan tanah kita lakukan secara bertahap," tegas Danang.

Pembangunan Tol Cisumdawu tersebut dibagi pada beberapa seksi. Dimana setiap seksinya dikerjakan oleh pihak yang berbeda, mulai dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, ada juga yang dikerjakan oleh Pemerintah Daerah dan juga pihak swasta. "Harapan kita mudah-mudahan semua itu bisa diselesaikan hingga akhir 2020," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,