Kebakaran Landa Lahan Kebun Karet di Cipatujah Tasikmalaya

Kebakaran Landa Lahan Kebun Karet di Cipatujah Tasikmalaya

Kebakaran lahan kebun karet di wilayah Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. (foto - ist)

Tasikmalaya - Munculnya api secara tiba-tiba dan terus membesar di kawasan kebun karet milik PT Pernas di kawasan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya mengagetkan warga sekitar, Minggu (6/10/2019) petang sekitar pukul 17.30 WIB.

Api yang terus membesar melalap perkebunan karet, diduga karena pembakaran lahan gambut. Babinsa Desa Cipatujah Koramil 1225/Cpt Kodim 0612 Tasikmalaya Serma Joko S menyatakan, kebakaran lahan kebun karet milik PT Pernas terus meluas akibat tiupan angin kencang.

Diduga, api berasal dari pembakaran dan pembukaan lahan oleh warga mengakibatkan api pun tidak terkendali. Sehingga terus merembet ke perkebunan karet. Akibat kebakaran itu, lahan perkebunan menjadi rusak, meski tidak menelan korban jiwa.

Namun asap tebal yang ditimbulkan dari kebakaran itu sempat membuat warga di sekitar lokasi kejadian panik. "Karena pemadam kebakaran jauh dari lokasi dan belum juga datang, sehingga api sulit dikendalikan. Selain ketiadaan sumber air dan lahan yang kering, sehingga api dengan cepat membakar areal itu," katanya.

Babinsa dan Binmas bersama warga setempat akhirnya bersama-sama memadamkan api dengan alat seadanya. Sebab, menunggu Damkar tidak juga kunjung datang. Api akhirnya bisa dikendalikan sekitar pukul 20.30 WIB.

"Itupun masih dikhawatirkan api akan muncul kembali jika tidak disiram hingga dingin. Sebab, angin yang cukup kencang bisa saja kembali menimbulkan api," katanya. Sejauh ini, luas areal yang terbakar dan kerugian materi belum bisa diprediksi. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,