11 Kecamatan di Kota Bandung siap Aktifkan Co-Working Space

11 Kecamatan di Kota Bandung siap Aktifkan Co-Working Space

Pertemuan pelaksanaan co-working space di Balaikota Bandung. (foto - Humas)

Bandung - Program co-working space atau tempat kerja bersama di setiap kecamatan yang digagas Pemkot Bandung mulai bergulir. Co-working space yang menjadi pusat pengembangan ekonomi itu telah siap aktif di 11 kecamatan.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Tris Avianti menyatakan, Kecamatan Sumur Bandung akan menjadi proyek percontohan pertama co-working space, dan akan segera diresmikan.

"Di Kecamatan Sumur Bandung, kita manfaatkan di balai warga RW 08 Kelurahan Braga. Sekarang sudah berjalan, persiapannya dilakukan sejak mulai Maret," kata Tris di Balaikota Bandung, Selasa (15/10/2019).

Hasil kajian Universitas Padjadjaran (Unpad) menurut Tris, dari 30 kecamatan di Kota Bandung yang sudah siap. yakni Kecamatan Rancasari, Cibiru, Sumur Bandung, Mandalajati, Ujungberung, Batununggal, Bandung Wetan, Astanaanyar, Arcamanik, Lengkong serta Kecamatan Cibeunying Kidul.

Setiap kecamatan nantinya akan memiliki tema khusus yang disesuaikan dengan potensi wilayah masing-masing kecamatan. Di Kelurahan Braga sendiri sudah mulai berjalan kegiatan inkubasi dan beragam pelatihan.

Antara lain pelatihan pemandu wisata, melukis, menari tradisi dan pembuatan beragam kerajinan tangan. "Ini program berkelanjutan, bukan hanya teori tapi juga praktek. Pertama membuka mindset, mengembangkan motivasi agar mereka bisa mandiri," tegas Tris.

Untuk operasional, co-working ini akan dijalankan oleh petugas kewilayahan dengan menggandeng Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Karang Taruna, kader PKK dan elemen masyarakat lain agar lebih banyak menjaring partisipasi.

"Kita juga akan bekerja sama dengan berbagai OPD (Organisasi Perangkat Daerah), seperti Disdagin, KUKM, Dispangtan, Dispora DP3APM. Lalu stakeholder pengusaha juga dari Hipmi sudah siap dan media dalam mendukung penggunaan konsep pentahelix," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,