Gempa Kuat Guncang Filipina Telah Menewaskan 21 Orang

Gempa Kuat Guncang Filipina Telah Menewaskan 21 Orang

Sebuah gedung di Kota Kidapawan sebelah utara Provinsi Cotabato Pulau Mindanao hancur dihantam gampa pada 31 October 2019. (foto - AFP)

Manila - Jumlah korban jiwa akibat dua gempa yang mengguncang wilayah Filipina selatan pada pekan lalu terus bertambah menjadi 21 orang. Sementara dua orang lainnya masih belum ditemukan.

Gempa berkekuatan 6,6 dan 6,5 pada sksla Richter (SR) mengguncang wilayah Pulau Mindanao pekan lalu, menghancurkan sejumlah gedung dan menyebabkan puluhan ribu warga kehilangan tempat tinggal. Dua gempa dahsyat itu terjadi hanya dalam selisih dua hari.

Sebuah tayangan televisi menunjukkan, warga desa yang tinggal di tenda-tenda dekat jalan raya, terlihat meminta bantuan kepada para pengendara yang melintas. Mereka membawa tulisan yang meminta makanan dan air minum.

Dilansir AFP, Senin (4/11/2019) dewan bencana nasional menyatakan, para petugas penyelamat telah menemukan sejumlah jasad, yang kebanyakan tewas tertimpa reruntuhan bangunan dan tanah longsor akibat getaran gempa kuat.

Dewan menyatakan, gempa itu juga menyebabkan 432 warga terluka dan dua orang masih hilang.  Gempa pada Kamis 31 Oktober waktu setempat itu merupakan gempa ketiga sejak pertengahan Oktober di wilayah Mindanao. Tempat penampungan sementara didirikan untuk menampung lebih dari 20 ribu warga yang kehilangan tempat tinggal.

Pada Minggu 3 November waktu setempat, para petugas penyelamat meneruskan evakuasi mereka atas keluarga yang rumahnya dalam bahaya akibat tanah longsor. Sejumlah warga yang terjebak di desa pegunungan telah diterbangkan ke tempat yang aman. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,