Waspadai Fenomena Cuaca Ekstrem Awali Peralihan Musim

Waspadai Fenomena Cuaca Ekstrem Awali Peralihan Musim

Fenomena cuaca ekstrem mengawali peralihan musim. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Peralihan  musim  kemarau  ke  musim  hujan biasanya  ditandai  dengan  cuaca  ekstrem.  Untuk itu, masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. Demikian imbauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (5/11/2019).
 
"Fenomena ekstrem itu biasanya perubahan cuaca berlangsung secara cepat, pagi hingga siang panas terik dan sore tiba-tiba hujan deras disertai petir," kata Kasubid Analisis Informasi Iklim BMKG Adi Ripaldi.
 
Menurutnya, fenomena ekstrem tersebut terkadang berlangsung dalam durasi yang cukup singkat. Dampaknya dapat berupa guyuran hujan deras, banjir hingga menyebabkan pohon tumbang dan lain sebagainya.
 
Adi menjelaskan, memasuki November 2019 sejumlah daerah yang terjadi peralihan musim kemarau ke musim hujan, antara lain Lampung, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. "Kita terus mengimbau masyarakat agar selalu waspada karena cuaca ekstrem bisa saja terjadi dengan tiba-tiba," katanya.
 
Selain itu lanjutnya, pada periode transisi peralihan musim akibat hujan deras dan angin kencang, sejumlah daerah di Pulau Jawa pun berpotensi terjadi banjir. "Beberapa daerah antara lain Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur rentan terjadi banjir dan tanah longsor," tegas Adi.
 
BMKG juga mengeluarkan peringatan dini cuaca hingga 6 November 2019. Wilayah yang berpotensi hujan lebat yakni Kalimantan Utara. Kemudian wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat atau petir yaitu Aceh dan Papua.
 
Peringatan cuaca dini tersebut dilatarbelakangi oleh sirkulasi siklonik di Laut Andaman (level 925/700 hPa), Laut Cina Selatan bagian utara (level 925/700 hPa) dan di pesisir barat laut Australia (level 925/850 hPa).
 
Konvergensi terjadi di wilayah Laut Andaman, Laut Cina Selatan, perairan timur Vietnam Samudra Pasifik utara Papua. Terdapat belokan angin di wilayah Sumatera bagian tengah, Kalimantan bagian barat dan timur, Sulawesi bagian tengah, Papua Barat dan Papua. (Jr.)**

 

.

Categories:Nasional,
Tags:,