NASA Perkenalkan Pesawat Listrik Pertama X-57 'Maxwell'

NASA Perkenalkan Pesawat Listrik Pertama X-57 'Maxwell'

NASA pamerkan pesawat listrik pertama X-57 Maxwell. (foto - NASA)

Washington DC - Selama ini Badan  Antariksa  Amerika  Serikat  (NASA)  dikenal  dengan  misi luar angkasa. Namun, tak hanya itu, NASA juga menaruh perhatian pada pesawat terbang masa depan, dengan menggunakan tenaga listrik.
 
Dilansir Reuters, Sabtu (9/11/2019) NASA pun langsung memamerkan versi awal dari pesawat eksperimental bertenaga listrik pertama, yakni X-57 "Maxwell" pada Jumat waktu setempat.
 
Diadaptasi dari pesawat baling-baling bermesin ganda Tecnam P2006T buatan Italia, X-57 telah dikembangkan sejak 2015. Setidaknya, diperlukan satu tahun lagi dari uji terbang pertama di langit Pangkalan Angkatan Udara Edward.
 
Setelah dipasangkan dua dari 14 motor listrik yang akan menggerakkan pesawat didukung oleh baterai ion lithium yang dirancang khusus, NASA menganggap Maxwell siap untuk pratinjau publik pertama.
 
NASA juga memamerkan simulator yang baru dibangun, yang memungkinkan para insinyur dan pilot merasakan seperti apa rasanya manuver versi selesai X-57 dalam penerbangan. Meski pesawat tersebut masih dalam pengembangan. (Jr.)**
 

 

.

Categories:Infotech,
Tags:,