Topan Bulbul Hantam India & Bangladesh, 20 Orang Tewas

Topan Bulbul Hantam India & Bangladesh, 20 Orang Tewas

Jutaan warga mengungsi setelah rumah mereka hancur diterjang Topan Bulbul yang hantam pesisir India dan Bangladesh. (foto - Weather Channel)

Khulna - Sedikitnya 20 orang tewas  hingga jutaan warga mengungsi, menyusul Topan Bulbul menghantam wilayah pantai di India dan Bangladesh. Topan dengan kecepatan angin hingga 120 km per jam itu menghantam kawasan tersebut, Sabtu malam waktu setempat.
 
Dilansir AFP, Minggu (10/11/2019) bandara dan pelabuhan di wilayah India dan Bangladesh yang terkena topan terpaksa ditutup. Tujuh orang tewas di negara bagian Benggala Barat India, dua orang tewas setelah pohon tumbang jatuh di rumah mereka.
 
Satu lagi tewas setelah diserang oleh ranting yang jatuh di Kolkata. Korban tewas lainnya di bawah dinding yang runtuh di negara bagian Odisha. Di Bangladesh, ada enam orang tewas yang mana lima orang tewas disebabkan pohon tumbang dan 20 orang terluka.

Administrator Distrik Masud Alam Siddiqui mengatakan, ada lima orang hilang setelah kapal pukat nelayan tenggelam dalam cuaca buruk di Sungai Meghna dekat pulau selatan Bhola. Topan itu juga merusak sekitar 4.000 rumah.
Di pesisir Khulna, distrik yang paling parah dilanda topan di Bangladesh, pohon-pohon bergoyang keras dan tercerabut dari tanah akibat hembusan angin kencang. Pohon yang tumbang menghalangi jalan dan menghambat akses ke wilayah itu.

Menteri Manajemen Bencana Bangladesh Enamur Rahman mengatakan, beberapa bagian dataran rendah distrik itu juga dilanda banjir. Pihak berwenang mengatakan, topan itu melemah saat bergerak ke daratan.

"Kondisi itu telah berubah menjadi depresi yang dalam, menyebabkan hujan deras," kata wakil kepala biro cuaca Bangladesh Ayesha Khatun.

Bulbul menghantam pantai di Sundarbans, hutan bakau terbesar di dunia yang mengangkangi Bangladesh dan India. Wilayah itu rumah bagi spesies langka termasuk harimau Bengal dan lumba-lumba Irrawaddy. Hutan bakau melindungi pantai dari dampak penuh badai. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,