Gunung Merapi Kembali Meletus Jarak Aman 3 Km dari Puncak

Gunung Merapi Kembali Meletus Jarak Aman 3 Km dari Puncak

BPPTKG, Jarak aman 3 km dari puncak Gunung Merapi. (foto - BNPB)

Magelang - Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida menyatakan, letusan Gunung Merapi memang relatif kecil. Jarak amannya sejauh 3 km dari puncak Merapi.

"Imbauan masih sama tidak ada aktivitas dalam jarak 3 km, karena potensinya ada lontaran dan awan panas. Namun awan panas masih dalam perkiraan 3 km, dan jarak luncur diperkirakan kurang dari 2 km," ujar Hanik, Minggu (17/11/2019).

Ia menjelaskan, Gunung Merapi yang berada di Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu memiliki banyak karakter erupsi. "Ada lima tipe erupsi Merapi, erupsi kali ini yakni eksplosif kecil," katanya. Jadi, letusan kali ini jauh dibandingkan dengan erupsi tahun 2010.
 
"Ini yang perlu diketahui. Jadi Merapi tidak usah dibayangkan seperti erupsi 2010, karena sangat berbeda dengan erupsi 2010. Sehingga kami pun memberikan rekomendasi (jarak aman) masih tiga km," lanjutnya.

Seperti diketahui, Gunung Merapi meletus pada Minggu siang pukul 10.46 WIB. "Terjadi letusan di Gunung #Merapi tanggal 17 November 2019 pukul 10:46 WIB," demikian informasi dari BPPTKG lewat twitter resminya.

BPPTKG menyatakan, letusan tercatat di seismogram dengan amplitudo maks 70 mm dan durasi 155 detik. "Angin bertiup ke Barat," sebut BPPTKG. Status Gunung Merapi hingga saat ini Waspada sejak 21 Mei 2018. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,