Ledakan Warnai Kebakaran Pabrik Tekstil di Padalarang KBB

Ledakan Warnai Kebakaran Pabrik Tekstil di Padalarang KBB

Kebakaran pabrik tekstil di kawasan Jalan Raya Cimareme Kecamatan Padalarang Bandung Barat. (foto - ist)

Bandung - Kebakaran  melanda  pabrik  milik PT  Sarana  Makin Mulia (SMM) di  kawasan Jalan Raya Cimareme Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB). Warga sekitar sempat mendengar ledakan saat pabrik tersebut terbakar, Senin (18/11/2019) malam.
 
Berdasarkan penuturan warga sekitar, ledakan terdengar dari dalam pabrik tersebut sesaat sebelum api berkobar menghanguskan pabrik tekstil tersebut. "Sempet ada dua kali suara ledakan," kata sejumlah warga.
 
Salah seorang karyawan pabrik, Azis  mengatakan, kebakaran tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 20.30 WIB. Diduga, kebakaran berawal dari timbulnya percikan api dari mesin boiler. Api dari mesin boiler merembet ke gudang pewarnaan yang berisi kain," katanya.
 
Saat kebakaran tersebut kepulan asap pertama kali terlihat dari asap cerobong. "Percikan api tersebut sepertinya merembet mengenai tumpukan kain di dalam pabrik," katanya.
 
Api disertai kepulan asap hitam tampak membubung tinggi dari dalam pabrik. Akibat kebakaran tersebut menyebabkan arus lalu lintas di sekitar lokasi terhambat, karena lokasi pabrik itu memang berada di pinggir  jalan raya.
 
Kabid Pemadam Kebakaran pada Dinas Satpol PP dan Damkar KBB Nanan Sunandar mengatakan, pemadam kebakaran dari Kabupaten Bandung Barat dan dari Kota Cimahi tiba di lokasi. Petugas dan Damkar masuk melalui pintu gerbang pabrik yang dijaga oleh satpam pabrik.
 
Warga pun tampak berkerumun di sekitar pabrik yang ingin menyaksikan kebakaran tersebut. Namun, petugas pabrik melarang mereka masuk ke dalam pabrik, termasuk para awak media. Sejauh ini, belum diketahui penyebab kebakaran itu.
 
Sementara itu, Kapolsek Padalarang Kompol Supriyati mengatakan, dugaan sementara api berasal dari mesin boiler yang meledak. Sedikitnya lima unit mobil pemadam kebakaran dari KBB dan Cimahi masih berusaha memadamkan api.
 
"Proses pemadaman masih dilakukan, untuk dugaan sementara api dari mesin boiler. Namun untuk pastinya kami akan lakukan penyelidikan setelah api berhasil dipadamkan," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,