Jelang MEA Jabar Siapkan SDM Andal

Jelang MEA Jabar Siapkan SDM Andal

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. (Foto : ADE)

Bandung – Memasuki era MEA 2015, Provinsi Jawa Barat mulai meningkatkan SDM agar lebih andal, dan memiliki daya saing dengan negara-negara ASEAN. Tingkat persaingan usaha di era MEA diprediksi makin ketat, karena Indonesia dipastikan dibanjiri berbagai produk impor. 

Menurut  Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, agar produk asli buatan Jawa Barat tidak kalah bersaing dengan produk impor negara-negara ASEAN, produk kita harus dikelola secara baik oleh SDM yang berkualitas. 

“SDM berkualitas sangat diperlukan di era MEA agar usaha dan produk Jawa Barat berdaya saing dengan produk impor. Selama ini kita hanya mengandalkan ekspor bahan baku saja dibanding menjadi produsen bahan jadi khas Indonesia atau Jawa Barat,” tutur Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Jl. Diponegoro Kota Bandung, Selasa (02/12/2014). 

Heryawan menambahkan, Indonesia akan menjadi negara kaya, jika kita sudah mengekspor bahan jadi. “Kita harus pandai mengolah bahan baku menjadi bahan jadi lalu diekspor. Otomatis nilai jualnya pun bisa jauh lebih tinggi,” tambahnya. 

Indonesia khususnya Jawa Barat harus menyiapkan berbagai keahlian seperti bidang ekonomi, keterampilan pekerja, dan memberdayakan Sumber Daya Alam agar bisa bersaing di era MEA. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:aher,