"Prabu" Dilarang Memungut Denda Uang Sampah

Prabu Pahlawan Urang Bandung. (Foto : Cikalnews/Ade)

Bandung – Walikota Bandung, Ridwan Kamil menegaskan kepada para Prabu (Pahlawan Urang Bandung) dilarang keras memungut uang denda jika melihat ada masyarakat yang melakukan pelanggaran membuang sampah sembarangan.

 

Menurut keterangan Ridwan Kamil, para Prabu hanya boleh melaporkan dan membuat bukti pelanggaran jika melihat ada orang yang buang sampah sembarangan tanpa ikut memungut denda.

 

“Prabu hanya boleh melaporkan bukan menindak. Dia hanya melaporkan peristiwanya dimana, potret kejadiannya, dan mencatat KTP pelaku. Untuk penindakan biar sama Satpol PP yang urus,” terang Ridwan Kamil di Plaza Balai Kota Bandung, Selasa (2/12/2014).

 

Soal denda, kebijakannya itu hanya boleh dilakukan oleh Satpol PP sebagai aparat penegak hukum.

 

“Masalah denda itu kewenangan Satpol PP, jika ada Prabu yang ikut pungut denda kita akan berikan sanksi pidana. Prabu hanya bertugas menahan dan melaporkan,” cetus Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

 

Sanksi membayar denda buang sampah sembarangan sudah diberlakukan mulai 1 Desember kemarin, namun dalam satu minggu ini denda belum di pungut dengan alasan masih dalam sosialisasi.(Ode)** 

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,