2050, Penduduk Indonesia Capai 330 Juta Jiwa

2050, Penduduk Indonesia Capai 330 Juta Jiwa

Kepadatan Penduduk, Ilustrasi

Jakarta - Jumlah penduduk Indonesia bakal mencapai 309 hingga 330 juta jiwa pada 2050 mendatang.

Dari jumlah itu, lansia diperkirakan akan mencapai 50 juta jiwa. Sebagai negara keenam dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, tingginya lonjakan itu akan berdampak pada permasalahan sosial, termasuk persoalan lansia.

"Sekarang jumlah penduduk kita 237 jiwa, lansianya hampir dua juta. Tapi kalau kita melihat persiapan mereka sejak usia dini, umur produktif, persiapan menuju lansia itu belum optimal," ujar kepala Pelaksana tugas (Plt) BKKBN, Fasli Jalal, Selasa (2/12).

Pengamat Kependudukan dari UI, Profesor Tri Budi W Rahayu menganggap perlunya program pelatihan pramurukti atau juru rawat untuk para lansia. Sebab di era emansipasi makin mengecilkan peluang seorang laki-laki dan perempuan untuk berada di rumah, sehingga kecenderungan yang muncul adalah menyewa perawat dari luar.

"Jangankan mengurus orang tua, ngurus anak saja kadang tidak sempat karena saking sibuknya," kata peneliti Center for Ageing Studies UI itu.

Oleh karena itu, sebagai akademisi dia sedang menggodok kurikulum untuk para pamurukti. Bersama Kemenkes, Tri berupaya untuk memperhatikan perlakuan terhadap para lansia.  "Sekarang sudah ada sebenarnya, tapi sifatnya relawan, sehingga belum dilatih khusus," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:ekonomi,