Busa putih beracun selimuti sepanjang Pesisir Chennai India

Busa putih beracun selimuti sepanjang Pesisir Chennai India

Anak-anak malah bermain saat busa putih diduga beracun menyelimuti sepanjang Pesisir Chennai India. (foto - Mumbai Mirror)

Chennai - Salah  satu pantai  paling  terkenal di  Chennai  India  tertutup  busa putih  di  sepanjang  garis  pantai  hingga ke laut. Busa putih tersebut muncul sejak empat hari lalu, dan merupakan polusi baru di negara tersebut.

Busa putih di Marina Beach tersebut menarik untuk anak-anak. Mereka bermain dan berswafoto di dekatnya, meski busa itu mengeluarkan bau tajam dan diduga beracun. Nelayan pun telah diberitahu untuk tidak pergi ke laut di dekatnya.

Dilansir Aljazeera, Senin (2/12/2019) dokter telah memperingatkan, masalah kulit dapat disebabkan oleh busa yang terbentuk pada setiap musim hujan, dan efek busa itu sangat buruk. Ratusan keluarga pun memadati pantai kota terpanjang di India itu, membiarkan anak-anak dengan gembira melewati buih yang dipenuhi racun.

Badan Pengendalian Pencemaran Tamil Nadu menyatakan, pihaknya sedang menganalisis sampel dari busa yang telah menyebar beberapa kilometer di sepanjang pantai. "Pasti tidak baik bagi orang untuk masuk ke dalam busa tapi mereka tidak mengerti risikonya," kata Pravakar Mishra, seorang ilmuwan di Pusat Nasional untuk Penelitian Pesisir di Chennai.

Pihak berwenang juga bersiaga untuk mengulangi insiden 2017 ketika ribuan ikan terbunuh oleh polusi di pantai sekitar waktu yang sama. Seorang nelayan, Jeyaseelan (30) mengatakan, pelanggan tidak ingin membeli ikan yang dapat dia tangkap dalam beberapa hari terakhir.

"Semua orang mengira itu terkontaminasi," tegasnya. Sejauh ini, para ahli menyalahkan hujan deras dalam beberapa hari terakhir yang membawa limbah dan fosfat yang tidak terawat itu ke laut. Menurut Mishra, banyak busa berasal dari cucian residu deterjen yang bercampur dengan limbah lainnya.

Menurut peneliti, hanya 40 persen air limbah di Chennai dan kota-kota besar lainnya mendapatkan perawatan yang tepat. "Sedangkan sisanya mengalir ke laut dan inilah yang terjadi".

Mishra menyiapkan pelampung untuk memantau tingkat polusi di laut, seperti halnya New Delhi sekarang memiliki jaringan stasiun pemantauan untuk udara yang terkenal kotor. "Polusi sekarang menjadi ancaman yang lebih besar bagi sejumlah pantai India daripada lautan yang naik," kata Mishra.

Ia katakan itu menyoroti kotoran, mikroplastik yang membunuh ikan dan tas serta cangkir yang menutupi pasir. Para relawan telah mengumpulkan hampir satu ton plastik dan sampah lainnya, hanya dalam waktu dua jam di pantai Chennai selama pembersihan belakangan ini. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,