Viral Polisi Bojonegoro Bantu Warga Melahirkan di Hutan

Viral Polisi Bojonegoro Bantu Warga Melahirkan di Hutan

Polisi Bojonegoro bantu warga melahirkan di tengah hutan. (foto - ist)

Bojonegoro - Seorang polisi di Bojonegoro mendadak viral, lantaran video menolong seorang perempuan tengah melahirkan di tengah hutan di Dusun Betek Desa Gondang Bojonegoro tersebar melalui media sosial dan whatsapp.

Adalah Ipda BJ Handoko yang merupakan Kanit Binmas Polsek Gondang Bojonegoro menolong perempuan bernama Astri Sulistyoningsih (32), warga Dusun Puguhrejo Desa Gondang melahirkan di hutan Nglamur dengan alat seadanya, pada Jumat 6 Desember 2019.

Setelah melahirkan perempuan dan bayi tersebut berhasil selamat dan dibawa ke Puskesmas Gondang untuk pemeriksaan medis lebih lanjut.
Ipda Handoko menyatakan, aksinya merupakan tindakan spontan karena melihat sang perempuan yang berniat pergi ke puskesmas, justru terkapar di jalan setapak pada area hutan.

"Ini aksi spontan bentuk rasa kemanusiaan. Saya lihat ibu itu saat melintas mau ke Mako (Polsek Gondang) untuk apel. Ibu itu hendak melahirkan terkapar di pinggir jalan saat mau dibawa ke puskesmas," katanya.

Bahkan, Handoko menyebutkan jika kepala bayinya sudah terlihat keluar dari rahim. Lalu secara spontan ia langsung memberikan pertolongan kepada sang perempuan tersebut. "Ada warga tapi tidak berani ambil tindakan, akhirnya saya langsung memberikan pertolongan," tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Budi Hendrawan memberikan apresiasi kepada anggotanya yang telah membantu masyarakat melahirkan di tengah hutan Nglamur dengan alat seadanya.

"Alhamdulillah Pak Handoko bisa membantu hingga ibu dan bayinya selamat. Sekarang bayinya dirawat di RSUD Bojonegoro. Kami akan memberikan penghargaan kepada beliau," kata AKBP Budi Hendrawan, Sabtu (7/12/2019).

Meski sang ibu selamat dan menjalani perawatan intensif di Puskesmas Gondang, bayi berjenis kelamin laki-laki dengan berat 1,6 gram itu akhirnya menghembuskan napas terakhirnya di RSUD dr. Sosodoro Djatikoesoemo, pada Sabtu sore sekitar pukul 15.00 WIB.

Bayi tersebut sempat mendapat perawatan intensif melalui inkubator RSUD dr. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro, setelah dirujuk dari Puskesmas Gondang pada Jumat malam. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,