Kereta Barang Anjlok di Blora KAI Operasikan Jalur Tunggal

Kereta Barang Anjlok di Blora KAI Operasikan Jalur Tunggal

Kereta barang angkutan semen 2704 anjlok di emplasemen Stasiun Doplang Kabupaten Blora Jateng. (foto - ist)

Blora - Kereta api barang angkutan semen 2704 anjlok (terguling) keluar dari jalur rel di emplasemen Stasiun Doplang Kabupaten Blora Jateng, Kamis (12/12/2019) sekitar pukul 11.18 WIB.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edy Kuswoyo mengatakan, kereta api barang dari Stasiun Kampung Bandan menuju Stasiun Kalimas Surabaya dengan menarik 20 gerbong, berat 1.136 ton keluar jalur rel di Km 52+926. Tepatnya di jalur 2 Stasiun Doplang Kelurahan Doplang Kabupaten Blora Jateng.

"Informasinya berasal dari masinis KA barang itu dengan No. CC 2061321. Rangkaian KA barang semen yang mengalami anjlok itu berada pada urutan gerbong ke-10 hingga urutan terakhir," katanya.

Ia mengatakan, petugas sarana telah sigap menyiapkan kereta pertolongan yang sudah berangkat dari Stasiun Poncol Semarang pukul 13.08 WIB, dan sampai lokasi pukul 14.40 WIB untuk melakukan evakuasi. Bantuan crane khusus juga ada dari Cirebon dan Solo yang sudah menuju ke lokasi.

Crane dari Solo katanya, berangkat pukul 12.34 WIB dan dari Cirebon pukul 12.38 WIB. Adapun, penyebab kejadian sementara ini masih dalam proses pengusutan atau pemeriksaan.

Dipastikan, emplasemen Stasiun Doplang tetap masih dapat digunakan untuk operasional perjalanan KA, baik dari arah barat (Semarang) maupun dari arah timur (Surabaya). Namun, pola yang digunakan pengoperasian jalur tunggal yang masih berfungsi untuk operasional perjalanan KA secara bergantian.

Pihaknya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan dan keterlambatan yang terjadi akibat peristiwa itu. "Petugas kami di lapangan masih berusaha maksimal agar kedua jalur dapat dilalui, sehingga perjalanan KA kembali normal," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,