Australia diprediksi hadapi rekor suhu terpanas pekan depan

Australia diprediksi hadapi rekor suhu terpanas pekan depan

Gelombang panas dari bagian barat bergerak ke arah timur Australia. (foto - climatechangeinaustralia)

Perth - Australia  diperkirakan  bakal  mengalami  hari  terpanas  pekan  depan  setelah  gelombang  panas parah melanda bagian barat negara itu yang bergerak ke timur. Demikian disampaikan badan ramalan cuaca Negeri Kanguru.

Biro Meteorologi Australia (BOM) menyebutkan, suhu kemungkinan akan melebihi 40 derajat Celcius di banyak daerah mulai Rabu. Sampai hari ini, rekor suhu tertinggi yang pernah tercatat adalah 50.7 derajat yang terjadi pada 2 Januari 1960 di Kota Oodnadatta, pedalaman Australia Selatan.

Dilansir ABC, peringatan cuaca panas parah tersebut telah dikeluarkan untuk sebagian Australia Barat dan Queensland. Di Perth, di Australia Barat suhu diperkirakan tetap tinggi pada akhir pekan, mencapai 40 derajat, dan pada Sabtu dan Minggu (15/12/2019) mencapai 41 derajat.

Sementara pekan depan, panas ekstrem kemungkinan akan berlanjut di beberapa bagian Australia Barat, yang juga mempengaruhi sebagian besar Australia Selatan. Kota Adelaide diperkirakan akan mengalami suhu tertinggi 40 derajat pada Selasa dan Rabu, dan 41 derajat pada Kamis serta 42 derajat pada Jumat.

Sementara di Melbourne, Negara Bagian Victoria suhu diperkirakan akan mencapai 41 derajat pada Jumat. Gelombang panas juga diperkirakan akan memengaruhi wilayah New South Wales dan bagian selatan wilayah Utara.

"Kami memperkirakan beberapa kondisi yang sangat panas menuju pekan depan, berpotensi memecahkan rekor untuk sejumlah daerah di seluruh Australia selatan selama tujuh hari ke depan," sebut Ahli Meteorologi BOM, Diana Eadie.

"Hal itu tidak menghilangkan kemungkinan, kita bisa memecahkan suhu tertinggi yang pernah kita catat," katanya. Australia juga dapat melihat rekor suhu rata-rata tertinggi, saat keseluruhan suhu maksimum yang dicatat pada hari tertentu digabungkan. Rekor rata-rata suhu adalah 40,3 derajat dari 7 Januari 2013.

Sementara itu BOM telah mengeluarkan peringatan kebakaran di sejumlah wilayah Australia termasuk Central West, Gascoyne, Lower West (termasuk Perth), Ravensthorpe Shire, Nelson, Stirling Coast, Upper Great Southern, Roe, Lakes and Avon di Australia Barat serta Central Highland, Coalfields, Darling Downs dan Granit Belt di Queensland. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,