Pohon Bertumbangan di Bali Timpa Wisatawan & Rumah

Pohon Bertumbangan di Bali Timpa Wisatawan & Rumah

Petugas tangani pohon tumbang di Jalan Tukad Badung Denpasar Bali. (foto - BPBD Denpasar)

Denpasar - Angin kencang menerpa sejumlah wilayah di Bali dari siang hingga sore hari, Sabtu (4/1/2020). Akibatnya, sejumlah pohon tumbang menimpa wisatawan, kabel listrik hingga rumah warga.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar Ida Bagus Joni Ariwibawa mengatakan, pohon tumbang menimpa seorang wisatawan di Pantai Matahari Terbit Sanur Denpasar. Bahkan, wisatawan bernama Nur Moh. Ali Nur Rohman (20) sempat tak sadarkan diri.
 
Korban mulai pulih setelah mendapat perawatan di puskesmas. Saat ini wisatawan itu sudah diperbolehkan pulang. "Kesadaran baik dan menderita nyeri pada pinggang," kata Joni.
 
Berdasarkan data dari BPBD Denpasar, pohon tumbang terjadi di Jalan Tukad Badung XIII, Jalan Pulau Moyo, Jalan Drupadi, Jalan Antasura, Jalan Bypass Ngurah Rai dekat SMP 9 Denpasar, Jalan Pulau Biak, Jalan Gunung Sari Gang 5 Sanur, Banjar Ponjok Desa Serangan dan Jalan Tukad Badung.
 
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Sementara di Kabupaten Gianyar, pohon tumbang dilaporkan menimpa kabel PLN dan menghalangi badan Jalan Bypass Darma Giri Blahbatuh dan di Jalan Cucukan Gianyar.
 
Pohon tumbang juga menimpa bangunan rumah milik Ni Nyoman Warni di Banjar Lebah Desa Keramas Blahbatuh Gianyar. Sebelumnya, di Kabupaten Badung pohon tumbang menimpa Pos Polisi di Pantai Kuta Badung.
 
Sementara itu, BMKG Wilayah III Denpasar menyebutkan angin kencang di sejumlah wilayah di Bali karena adanya penurunan tekanan udara pada pusat tekanan rendah di perairan selatan Indonesia dan di daratan Australia.
 
Hal itu menyebabkan ada peningkatan perbedaan tekanan udara antara Indonesia dan wilayah perairan selatan Indonesia, sehingga peningkatan kecepatan angin. 
 
Angin kencang mulai terjadi pada Sabtu sejak 12.30 Wita. Kecepatan angin kencang tersebut mencapai 22 knot, atau 40 km/jam hingga 30 knot atau 56 km/jam. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,