Mengenang Johny Indo, dari Petualangan hingga Jadi Aktor

Mengenang Johny Indo, dari Petualangan hingga Jadi Aktor

Johny Indo.

Jakarta - Dunia hiburan Tanah Air kembali kehilangan putra terbaiknya. Aktor senior Johny Indo menghembuskan napas terakhirnya, pada Minggu ( 26/1/2020) pada usia 71 tahun.
 
Menilik biografinya, nama Johny Indo sendiri menjadi tenar karena berhasil membintangi lebih dari 10 judul film, pada tahun 80-an hingga 90-an. Film-film tersebut antara lain Laura Si Tarzan (1989) dan Tembok Derita (1990).
 
Pria kelahiran Garut tersebut juga sebelumnya tersandung kasus hukum dan dipenjara, karena merampok toko emas di kawasan Cikini Jakarta Pusat pada 1979. Berdasarkan informasi, Johny ditahan selama 14 tahun.
 
Pria dengan nama asli Johanes Hubertus Eijkenboom itu ditangkap di Sukabumi Jawa Barat. Ia kemudian dijatuhi hukuman penjara 14 tahun, dan dijebloskan ke penjara Nusakambangan. Setelah bebas, aktor senior itu lalu bermain dalam sejumlah film, yang salah satunya mengangkat kisah tentang kehidupan dirinya, dengan judul sama seperti namanya, Johny Indo di tahun 1987.
 
Beberapa film yang sukses dibintangi pria kelahiran 6 November 1948 itu antara lain Johny Indo (1987), Badai Jalanan (1989), Langkah-langkah Pasti (1989), Titisan Si Pitung (1989), Misteri Cinta (1989), Susuk (1989), Perangkap di Malam Gelap (1990), Tongkat Sakti Puspanaga (1990) dan masih banyak lagi.
 
Selain membintangi sejumlah film dan sukses sebagai aktor, Johny Indo juga dikenal sebagai pendakwah. Ia  pernah diundang dalam acara Kick Andy, berkat kepopulerannya sebagai mantan perampok.
 
Sementara itu, pihak keluarga dalam hal ini sang cucu Santa menjelaskan, sebelum meninggal dunia Johny sempat sesak napas yang membuat pihak keluarga panik. “Dia (Johny) kan sudah pikun. Jalan sudah susah. Namanya usia. Napasnya sudah engap-engapan. Kita kan enggak ada yang engeh yah. Pas engap-engapan itu sempat berhenti. Semaunya pada panik," kata Santa.
 
Diketahui, Johny memang sedang dalam keadaan sakit dan sempat menjalani operasi akibat penyakit hernia. Kondisi itu diperparah saat Johny diketahui sempat jatuh sehabis operasi. "Kondisinya memang enggak sehat, ia sempat jatuh habis operasi hernia dan sempat ditinggal anaknya pergi jadi enggak kelihatan dia mau ngapain terus jatuh," katanya.
 
Sejauh ini, kondisi Johny Indo memang mulai sakit-sakitan ditambah lagi dengan usia yang sudah tua, yakni lebih dari 70 tahun. "Dari situ sudah mulai sakit-sakit," katanya. (Jr.)**
 

 

.

Categories:Nasional,
Tags:,