Longsoran Batuan Besar Tutup Jalur Cikajang - Pameungpeuk

Longsoran Batuan Besar Tutup Jalur Cikajang - Pameungpeuk

Longsor batu besar menutupi jalan di jalur Cikajang - Pameungpeuk. (foto - ant)

Garut - Longsor batuan besar menutupi akses jalan Garut - Pemeungpeuk setelah wilayah itu diguyur hujan deras. Longsor tepatnya terjadi di Kampung Legok Desa Karamatwangi Kecamatan Cikajang, Selasa (25/2/2020) sekitar pukul 15.50 WIB.
 
Akibatnya jalur yang menghubungkan Garut - Pameungpeuk tersebut sementara tidak bisa dilalui karena tertutup batuan besar.
 
Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Tubagus Agus Sofyan, membenarkan telah terjadi bencana longsor bebatuan yang mengakibatkan akses jalan tidak bisa dilalui kendaraan.
 
"Ya, telah terjadi longsor bebatuan yang hampir menutupi seluruh badan jalan, tepatnya di Kampung Legok Desa Keramatwangi Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut," katanya.
 
Menurutnya, longsor terjadi sekitar pukul 15.50 WIB. Beruntung saat longsor terjadi tidak sampai menimbulkan korban jiwa. "Longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan itu. Arus lalu lintas dari arah Garut menuju Pameungpeuk dan sebaliknya pun untuk sementara tertutup," katanya.
 
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Garut Luna Aviantrini mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan alat berat menuju lokasi longsor bebatuan yang terjadi di wilayah Kecamatan Cikajang. "Alat berat sudah dikerahkan untuk melakukan evakuasi agar kendaraan dari kedua arah bisa segera melintas kembali," katanya.
 
Sementara itu, Kepala Satuan Lalulintas Polres Garut AKP Asep Nugraha mengatakan, setelah terjadinya longsor di wilayah Cikajang, pihaknya langsung menutup jalur tersebut untuk kendaraan roda empat dan lebih.
 
"Untuk kendaraan roda empat yang mengarah ke Pameungpeuk dan sekitarnya kita arahkan agar melalui jalur lain, yakni melalui Bungbulang melawati Pakenjeng," katanya.
 
Diakui, di musim hujan Jalan Cikajang - Pameungpeuk memang merupakan salah satu daerah rawan bencana di Kabupaten Garut, karena banyak bukit. "Pengendara harus selalu waspada saat melintas karena sering terjadi longsor, apalagi jika intensitas hujan tinggi," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,