Longsor, Jalur Penghubung 3 Kampung di Pasirjambu Putus

Longsor, Jalur Penghubung 3 Kampung di Pasirjambu Putus

Longsor menutupi jalan di Desa Cisondari Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung. (foto - Disdamkar Kab Bandung)

Bandung - Jalan  yang  menghubungkan  Kampung  Cisarua  dengan  Kampung  Pasirawi  dan  Kampung  Talaga  di  Desa Cisondari Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung terputus, akibat longsor setelah wilayah Kabupaten Bandung diguyur hujan deras, Minggu (1/3/2020) sore.
 
Pusdalops Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung Nana Permana mengatakan, longsor terjadi pada pukul 17.11 WIB. Material tanah yang merupakan tempat tumbuhnya bambu menutupi jalan hingga tidak bisa dilalui kendaraan.
 
Namun, hingga pukul 18.53 WIB jalur penghubung tersebut sudah bisa dilalui kendaraan roda dua. Diakui, pihaknya dibantu oleh warga sekitar dan aparat kewilayahan. langsung menyingkirkan materian longsoran yang menutupi jalan.
 
Selain itu, pada saat bersamaan longsor pun terjadi di Kampung CihanyawarDesa Tenjolaya Kecamatan Pasirjambu. Satpol PP Kabupaten Bandung sudah mendatangi lokasi kejadian di Kampung Cihanyawar. "Kampung Cisarua Desa Cisondari Kecamatan Pasirjambu dan Kampung Cihanyawar Desa Tenjolaya Kecamatan Pasirjambu terputus akibat longsior," katanya.
 
Petugas Damkar langsung menangani kejadian di Cisarua, karena tanah dan pohon bambu menutupi badan jalan. Itu jalan yang mengakses ke arah Kampung Pasirawi dan Kampung Talaga," katanya.
 
Nana mengakui, saat melakukan penanganan petugas dibantu warga sempat menemui kendala akibat banyaknya bambu terbawa oleh material longsoran. Selain itu, jalanan yang tidak dilengkapi oleh penerangan jalan umun (PJU) itu pun menghambat proses penanganan.
 
Tidak ada PJU, padahal saya sudah mengusulkan untuk diadakan PJU di kampung kami. Namun masih belum ada respon, mudah-mudahan tahun ini. Kebetulan dari mobil damkar ada lampu tembak,” katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,