Hotel Isolasi Pasien Corona di Cina Roboh, Puluhan Terkubur

Hotel Isolasi Pasien Corona di Cina Roboh, Puluhan Terkubur

Gedung Hotel Xianjia Quanzhou di Provinsi Fujian Cina ambruk. (foto - Getty Images)

Quanzhou  -  Gedung  hotel  yang  dijadikan  sebagai lokasi isolasi  pasien  suspect  Corona  (Covid-19) di  Kota  Quanzhou Provinsi Fujian Cina tiba-tiba ambruk, Sabtu 7 Maret 2020 malam sekitar pukul 19.30 waktu setempat.

Hotel bernama Xianjia itu dikabarkan roboh sekitar pukul 19:30 waktu setempat. Gedung hotel berna Xianjia itu ambruk seperti diguncang gempa bumi. Petugas penyelamat sudah dikerahkan ke lokasi, dan tercatat lebih dari 70 orang yang berada di dalam hotel itu saat ambruk.

Dilansir China Daily, Sabtu (7/3/2020) sejauh ini, baru 32 orang yang berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat dari lokasi hotel yang ambruk. Belum diketahui penyebab ambruknya hotel yang dibangun pada 2018 lalu itu.

Hotel tersebut untuk sementara memang digunakan bagi warga yang menjalani masa karantina sebelum diputuskan, apakah harus menjalani perawatan medis khusus atau dinyatakan negatif virus Corona.

Operasi pencarian dan penyelamatan terhadap korban yang masih belum diketemukan di reruntuhan gedung Hotel Xianjia tersebut terus dilakukan. Petugas penyelamat telah menemukan dan menyelamatkan lebih dari 32 orang dari reruntuhan bangunan gedung.

Diduga, di dalam gedung hotel yang memiliki 80 kamar tersebut terdapat lebih dari 70 orang. Hanya saja pendataan jumlah korban masih dilakukan. Hotel Xianjia merupakan salah satu lokasi yang dipilih pemerintah Cina, untuk dijadikan lokasi karantina untuk mengisolasi warga yang terindikasi terjangkit virus Corona.

Hingga pukul 9:55 malam, pemerintah Kota Quanzhou mengklaim telah menyelamatkan sebanyak 34 korban. Xinjia Hotel digunakan sebagai situs karantina untuk mengisolasi orang yang memiliki kontak dekat dengan pasien yang terinfeksi.

Sementara itu, operasi penyelamatan korban yang terkubur di reruntuhan terkendala banyak faktor. Salah satunya material gedung yang sulit ditembus dengan cara manual. Selain itu, lokasi ambruknya hotel itu juga sangat gelap. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,